Lompat ke konten utama
Cari

Surat dari Chairman

Selama 135 tahun, ExxonMobil telah berdiri dengan dasar bisnis yang kuat, disertai dengan keunggulan operasional, kepemimpinan dalam bidang teknologi, praktik finansial yang disiplin dan tenaga kerja berkelas dunia. Kekuatan ini memungkinkan kami untuk secara aman dan andal menyediakan energi kepada pelanggan dan memberi nilai lebih kepada para pemegang saham kami, bahkan dalam situasi dengan harga rendah yang dialami industri kami belakangan ini. Kami berkomitmen untuk melakukan yang terbaik bagi kepentingan perusahaan dan masyarakat. Hal ini mengharuskan kami untuk tetap fokus pada keselamatan, kinerja lingkungan, keterlibatan dengan masyarakat dan tata kelola perusahaan.

Dengan ini saya berbagi Laporan Corporate Citizenship ExxonMobil tahun 2016, yang berisi rincian kinerja dan komitmen kami pada beberapa bidang utama. Seperti yang Anda baca, kami akan terus menerapkan pendekatan yang berorientasi pada hasil untuk praktik-praktik kewarganegaraan korporat dalam bisnis kami.

Upaya kami untuk melindungi keselamatan dan kesehatan karyawan, kontraktor dan masyarakat merupakan inti dari apa yang kami lakukan setiap hari. Kami berusaha untuk memastikan Tiada yang Cedera. Kami bangga menjadi pemimpin industri untuk budaya dan praktik keselamatan. Pada tahun 2016, kami mencapai tingkat insiden kecelakaan terbaik yang pernah ada sebanyak 0,029 insiden per 200.000 jam kerja, meningkat lebih dari 80 persen dibandingkan kinerja kami di tahun 2000.

Karena kami menyediakan energi untuk memenuhi kebutuhan di seluruh dunia, kami juga berupaya mengelola risiko perubahan iklim. Risiko perubahan iklim memerlukan tindakan dari pihak bisnis, pemerintah dan konsumen, dan kami mendukung Paris Agreement sebagai kerangka yang efektif dalam mengatasi tantangan global ini.

Untuk peranan kami,  ExxonMobil terus mengambil tindakan untuk mengurangi emisi dan membantu konsumen mengurangi dampak gas rumah kaca mereka. Sejak tahun 2000, investasi kami untuk mengembangkan solusi energi rendah emisi mencapai sekitar US$ 8 miliar. Kami menerapkan teknologi seperti kogenerasi dan penangkapan serta penyimpanan karbon sambil meneliti sumber energi baru di masa depan seperti bioenergy ganggang. Penelitian lanjutan demi terobosan teknologi akan sangat penting untuk mengelola risiko lingkungan dan perubahan iklim di masa depan.

Sebagai perusahaan sains dan teknologi dengan lebih dari 2.200 Ilmuwan bergelar doktor, kami akan terus berupaya menemukan teknologi yang menguntungkan baik untuk perusahaan dan masyarakat. Melalui organisasi riset kami, saya telah melihat kekuatan inovasi transformatif - saya percaya bahwa hal tersebut sangat penting untuk mencapai kemajuan.
Kami juga menghargai hubungan jangka panjang kami dengan masyarakat dan pemerintah tuan rumah operasi kami di seluruh dunia. Kami bekerja untuk meningkatkan manfaat dari operasi kami untuk masyarakat, dengan menekankan pada  pentingnya mempekerjakan tenaga kerja lokal yang berkualitas dan mendukung berbagai program pengembangan masyarakat strategis. Pada tahun 2016, kami memberikan total kontribusi sebesar US$ 242 juta untuk masyarakat di seluruh dunia.

Saya bangga dengan kinerja kewarganegaraan ExxonMobil, dan saya berharap untuk meneruskan kemajuan yang telah kami capai demi masa depan yang lebih kuat bagi perusahaan dan masyarakat yang kami layani. 

Darren Woods
Chairman dan CEO

Tutup