Lompat ke konten utama
Cari

Prinsip ExxonMobil mengenai tenaga kerja dan tempat kerja

ExxonMobil1 berkomitmen untuk menyediakan lingkungan kerja yang positif, produktif, dan mendukung di seluruh operasi globalnya.

ExxonMobil memiliki program yang telah berjalan sekian lama untuk merekrut, mengembangkan, dan mempertahankan tenaga kerja berkualitas tinggi yang berasal dari wilayah tempatnya beroperasi. ExxonMobil menghargai kualitas dan keragaman yang luar biasa dari para karyawannya. 

ExonMobil beroperasi di berbagai lingkungan dan beragam budaya. Di mana pun ExxonMobil beroperasi, sejumlah prinsip tertentu diterapkan secara konsisten dalam hubungan perusahaan dengan para karyawan serta ekspektasi terkait perilaku di tempat kerja. Standar Perilaku Bisnis ExxonMobil memberikan kerangka kerja untuk operasi yang bertanggung jawab dan sesuai dengan Prinsip dan Hak-Hak Mendasar di Tempat Kerja dari Deklarasi Organisasi Buruh Internasional 1998. Deklarasi ILO ini menetapkan kewajiban bagi negara anggota untuk mendorong dan mewujudkan prinsip-prinsip berikut:

  • Kebebasan berserikat dan pengakuan atas hak untuk berunding bersama
  • Peniadaan semua bentuk tenaga kerja paksa atau kerja wajib
  • Peniadaan tenaga kerja anak
  • Peniadaan diskriminasi sehubungan dengan ketenagakerjaan dan pekerjaan. ExxonMobil dan afiliasinya mendukung prinsip-prinsip ini. Perusahaan dan afiliasinya mengembangkan dan menerapkan kebijakan, prosedur, dan praktik yang sesuai sehubungan dengan hukum yang berlaku dalam situasi tertentu.

Kebebasan berserikat dan hak untuk berunding bersama

ExxonMobil mengakui dan menghormati hak karyawan untuk bergabung dalam serikat dan memilih organisasi perwakilan dengan tujuan melakukan perundingan bersama dengan cara yang sesuai dengan hukum, peraturan, dan perundangan yang berlaku serta kebiasaan setempat yang sesuai.

Peniadaan tenaga kerja paksa atau kerja wajib

ExxonMobil tidak menggunakan tenaga kerja paksa atau kerja wajib. ExxonMobil merekrut karyawan dan menyediakan kondisi kerja, termasuk pembayaran upah dan tunjangan, yang sesuai dengan hukum dan perundangan yang berlaku.

Peniadaan tenaga kerja anak

Di seluruh operasi ExxonMobil, kami melarang penggunaan anak-anak sebagai tenaga kerja. Semua karyawan ExxonMobil berusia di atas usia legal untuk bekerja di negara tempat pekerjaan dilakukan.

Peniadaan diskriminasi dan pelecehan di tempat kerja

 Standar Perilaku Bisnis ExxonMobil mencakup Kebijakan Peluang Kerja Setara yang menyatakan, di antaranya:

Sudah menjadi kebijakan ExxonMobil Corporation untuk menyediakan peluang kerja setara, sesuai dengan semua hukum dan perundangan yang berlaku, bagi individu yang memenuhi syarat untuk melakukan persyaratan kerja.

Standar Perilaku Bisnis juga mencakup Kebijakan Pelecehan di Tempat Kerja yang melarang segala bentuk pelecehan di tempat kerja, dengan tujuan menyediakan lingkungan kerja yang membina sikap saling menghormati di antara karyawan.

Afiliasi diharapkan menerapkan kebijakan yang sesuai dengan Kebijakan Peluang Kerja Setara serta Kebijakan Pelecehan di Tempat Kerja. Manajemen masing-masing afiliasi bertanggung jawab untuk menerapkan dan melaksanakan kebijakan ini di perusahaan masing-masing.

  1. Istilah ExxonMobil atau Perusahaan yang digunakan di halaman ini dapat mengacu ke Exxon Mobil Corporation, salah satu divisinya atau lebih, salah satu atau lebih perusahaan terafiliasi yang mayoritas sahamnya dimiliki olehnya ("Afiliasi”). Setiap Afiliasi yang merupakan perusahaan tersendiri bertanggung jawab mengelola urusannya masing-masing. Penggunaan istilah ExxonMobil ketika mengacu ke Afiliasi tidak dimaksudkan untuk mengabaikan keterpisahan perusahaan antara Exxon Mobil Corporation dan Afiliasinya.
Tutup