Lompat ke konten utama
Cari

Layanan telepon genggam untuk pengusaha perempuan

ExxonMobil Foundation, yang bermitra dengan Cherie Blair Foundation for Women, mengembangkan layanan layanan telepon genggam untuk pengusaha perempuan, yang dinamakan Business Women. 

Layanan ini dibuat berdasarkan penelitian yang didukung melalui kemitraan dengan Cherie Blair Foundation for Women and Booz & Company, tentang kesulitan yang dihadapi pengusaha perempuan dan bagaimana teknologi telepon genggam dapat digunakan untuk mengatasinya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan ponsel yang ekstensif dan makin meluas membuka peluang besar bagi pengusaha perempuan yang sedang berupaya mengembangkan usahanya.

Pada 2012 dan 2013, ExxonMobil Foundation bekerja bersama Cherie Blair Foundation for Women untuk mewujudkan penelitian ini menjadi tindakan nyata, dengan meluncurkan aplikasi Business Women di Indonesia, Nigeria, dan Tanzania. Layanan ini, yang mendapat penghargaan 2013 Global Telecoms Business Award, menjangkau lebih dari 100.000 perempuan, memberi mereka lebih dari 250 kiat dan tips praktis untuk memulai dan menjalankan bisnis yang sukses. Untuk memperkuat pesan Business Women, Cherie Blair Foundation for Women, dengan dukungan dari ExxonMobil Foundation, bekerja bersama mitra LSM setempat di ketiga negara itu untuk memberikan pelatihan keterampilan bisnis kepada lebih dari 4.000 perempuan pengusaha.

Evaluasi tentang program Business Women yang dilakukan oleh Michigan State University, berjudul “Evaluating Business Women, a Mobile Value Added Service for Women Entrepreneurs”, menunjukkan bahwa:

  • 90 persen pelanggan mengatakan bahwa layanan tersebut menawarkan cara yang mudah untuk menjadi pengusaha perempuan yang lebih sadar informasi;
  • 80 persen mengatakan bahwa layanan tersebut menunjukkan cara menemukan pelanggan baru; dan
  • Lebih dari 67 persen mengatakan bahwa layanan tersebut memberi mereka petunjuk tentang cara menemukan pilihan kredit yang terjangkau dan mudah diakses.

Pelanggan juga melaporkan bahwa membaca konten Business Women membuat mereka lebih percaya diri dan lebih optimis untuk menjalankan usaha.

Nur Khayati yang berusia 24 tahun dulu bekerja di restoran ketika dia mengunduh aplikasi Business Women. Saat itu dia tidak berencana untuk berbisnis, tetapi kisah dan tips di aplikasi tersebut sangat menginspirasinya sehingga dia memutuskan untuk menginvestasikan tabungannya untuk membuat kios jus. Dia membeli buah setiap hari dan jus disiapkan langsung di hadapan pelanggan. Usahanya sudah berjalan dengan baik membuatnya mampu memberi orang tuanya Rp6 juta, yang diinvestasikan untuk membeli lahan guna memperluas kebun buah mereka. Ia juga berencana untuk membuka kios baru di bagian lain di kotanya.

Pelajari lebih jauh

Tutup