Lompat ke konten utama
Cari

Penipuan penawaran usaha dan lowongan kerja

Penipuan penawaran usaha

ExxonMobil tidak menggunakan media sosial dan surat elektronik yang tidak diminta atau korespondensi tertulis untuk meminta perorangan atau perusahaan agar membayar biaya dalam bentuk apa pun untuk dapat menjalin usaha dengan ExxonMobil.

Kami mengetahui ada pihak-pihak tak berwenang yang mencoba menyalahgunakan nama dan logo ExxonMobil, serta nama direktur, pejabat eksekutif, dan karyawan ExxonMobil, dalam surel dan situs web untuk menarik biaya dari perorangan dan perusahaan yang tertarik. Jika Anda dihubungi oleh seseorang atau perusahaan yang meminta uang muka, ingatlah bahwa penawaran atau proposal yang disampaikan melalui media sosial, surel, atau korespondensi tertulis, yang mengatasnamakan dari ExxonMobil, bisa jadi merupakan penipuan.

Pihak-pihak tersebut juga menggunakan situs web pihak ketiga untuk memberikan penawaran usaha yang bersifat palsu. ExxonMobil tidak mengontrol situs web pihak ketiga mana pun, dan tidak memberi pernyataan atau jaminan mengenai, dan tidak bertanggung jawab atas, situs web pihak ketiga mana pun atau isi situs web tersebut. Pencantuman tautan atau alat berbagi ke situs pihak ketiga bukan berarti dukungan untuk isi situs tersebut. Apabila Anda curiga akan tawaran usaha palsu, Anda disarankan untuk melaporkan tindakan tersebut ke situs web pihak ketiga yang bersangkutan.

Penipuan lowongan kerja

ExxonMobil tidak menggunakan agen rekrutmen atau penempatan tenaga kerja yang meminta biaya dalam bentuk apa pun kepada calon tenaga kerja (mis. biaya penempatan, biaya pemrosesan imigrasi, dll.). Sayangnya, kami menerima informasi bahwa terdapat pihak-pihak tak berwenang yang menyalahgunakan nama dan logo ExxonMobil dalam email dan di situs web dengan tujuan meminta uang muka dari para pencari kerja. Penawaran pekerjaan palsu tersebut biasanya dikirimkan melalui surel dan memberi tahu calon korban bahwa mereka telah direkrut oleh perusahaan atau dapat diterima di perusahaan, dengan membayar uang sejumlah tertentu. Biasanya korban diminta untuk memberikan data pribadi, mengirim biaya melalui transfer bank, cek pribadi, atau uang tunai, dan mengurus perjalanan guna mengikuti wawancara palsu. Penawaran dan permintaan yang meminta calon karyawan membayar sejumlah uang dan menanggung biaya bukanlah tindakan ExxonMobil dan merupakan penipuan.

Secara berkala, ExxonMobil mempekerjakan agen rekrutmen dan/atau penempatan tenaga kerja untuk membantu kami mengidentifikasi calon potensial untuk jabatan tertentu. Jika Anda dihubungi oleh agen rekrutmen atau penempatan tenaga kerja yang sah, Anda sebagai pencari kerja seharusnya tidak dibebani biaya apa pun.

Kiat menghadapi penipuan

  • Pahami bahwa komunikasi spam dapat digunakan untuk melakukan serangan "phishing" yang mencoba membohongi Anda agar memberikan data pribadi, keuangan, atau data lain yang berharga.
  • Penawaran palsu mungkin memuat petunjuk yang mencurigakan (mis. alamat email non-ExxonMobil, isinya terlalu muluk, salah eja, tata bahasa buruk, dan permintaan uang).
  • Jangan menjawab penawaran usaha dari orang, alamat email, atau media sosial yang tidak Anda kenal atau percayai.
  • Jangan membuka lampiran atau mengklik tautan dalam surel mencurigakan dari orang atau situs web yang tidak Anda kenal atau percayai.
  • Jangan mengungkapkan data pribadi atau keuangan kepada orang yang tidak Anda kenal atau percayai di situs web yang tidak Anda percayai. Jika Anda terlanjur melakukannya, laporkan hal itu ke pihak berwenang setempat.

Tutup