Lompat ke konten utama
Cari

Berita

Minggu, 29 Apr. 2018  - 21:20 WIB

ExxonMobil Berencana Membeli Produsen dan Pemasok Pelumas Motor Terkemuka di Indonesia 

Rencana pembelian PT Federal Karyatama (FKT), termasuk merek dagang pelumas Federal Oil
Akuisisi guna mendukung keberadaan merek dagang pelumas Mobil™ di Indonesia
Pembelian untuk mempercepat pertumbuhan di pasar yang sedang berkembang 

IRVING, Texas – ExxonMobil hari ini menyepakati pembelian PT Federal Karyatama (FKT), salah satu produsen dan pemasok pelumas motor terbesar di Indonesia, guna berekspansi di pasar internasional yang penting ini.

Akuisisi ini meliputi merek dagang pelumas Federal Oil dan pabrik pengolahan pelumas dengan kapasitas 700,000 barrel per tahun di Cilegon, Indonesia. Tergantung pada persetujuan dari pemegang saham, Pemerintah serta peraturan, ExxonMobil akan mengambil alih 100 persen saham perusahaan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk. beserta afiliasinya. ExxonMobil berharap untuk menyelesaikan seluruh transaksi pada kuartal ke-tiga tahun 2018, atau lebih cepat. 

“Asia Pacific merupakan salah satu pasar pelumas yang berkembang sangat pesat di dunia,” menurut Bryan Milton, president ExxonMobil Fuels & Lubricants Company. “Akuisisi ini, serta merek dagang pelumas premium Mobil yang telah ada, akan membantu kami untuk terus berkembang dan memberi layanan terbaik kepada konsumen di Indonesia. Pengetahuan dan pengalaman para karyawan dan distributor FKT memegang peran kunci dalam mencapai tujuan tersebut.”  

Didirikan pada tahun 1988, FKT merupakan salah satu pemasok pelumas motor terdepan di Indonesia dengan jaringan distribusi skala nasional yang didukung oleh sekitar 40 penyalur, 3,200 Pusat Federal Oil, dan lebih dari 10,000 pengecer di seluruh Indonesia. 

“Didorong oleh perkembangan ekonomi yang kuat serta pertumbuhan kelas menengahnya, Asia diperkirakan mewakili 70 persen pertumbuhan kebutuhan pelumas dunia dalam satu dekade mendatang,” tutur Nigel Searle, Senior Vice President, ExxonMobil Fuels & Lubricants Company. “Kami terus melakukan investasi strategis lintas rantai nilai pelumas kami untuk memastikan ExxonMobil berada di posisi yang baik untuk memenuhi kebutuhan pelumas dunia yang terus meningkat.”

Anak perusahaan ExxonMobil dan pendahulunya telah beroperasi di Indonesia selama lebih dari 120 tahun, dan sejak tahun 1979 telah berinvestasi lebih dari $23 miliar. ExxonMobil memiliki lebih dari 500 karyawan di Indonesia, 95 persennya adalah putra-putri Indonesia. 

Mengenai ExxonMobil 
ExxonMobil, perusahaan energi internasional terbesar yang diperdagangkan secara publik, menggunakan teknologi dan inovasi untuk ikut memenuhi kebutuhan energi dunia yang semakin meningkat. ExxonMobil memiliki inventaris sumberdaya terkemuka, merupakan salah satu dari produsen dan pemasok produk olahan minyak mentah terbesar, selain itu, perusahaan petrokimia ExxonMobil merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs web kami di www.exxonmobil.com atau ikuti Twitter kami di www.twitter.com/exxonmobil. 

Pernyataan Kehati-hatian: Pernyataan mengenai peristiwa mendatang atau kondisi-kondisi dalam siaran pers ini merupakan pernyataan yang bersifat forward-looking. Kejadian yang sebenarnya di masa mendatang, termasuk kebutuhan produk dan pertumbuhan pemasaran, dapat berbeda secara signifikan tergantung harga pasar dari minyak, gas, dan produk kimia; perubahan tingkat pertumbuhan ekonomi dan preferensi konsumen; aksi dari pesaing; perkembangan politik dan peraturan perundangan; perkembangan teknologi; faktor-faktor teknis atau operasional; dan faktor-faktor lain yang dibahas dalam siaran pers ini serta sesuai dengan tajuk “Factors Affecting Future Results” di lamanan Investor dalam situs web ExxonMobil di exxonmobil.com. Penyelesaian transaksi akuisisi yang diumumkan ini akan tunduk pada pemenuhan kondisi-kondisi yang sebelumnya ditentukan dalam kesepakatan yang berlaku.

 

Tutup