Lompat ke konten utama
Cari

Mengurangi emisi - menurunkan emisi gas rumah kaca pada operasi kami

Di ExxonMobil, kami bertekad untuk mengurangi emisi dari operasi kami sendiri. Ini adalah salah satu elemen terpenting dalam upaya bersama untuk mengurangi risiko perubahan iklim.

Selama lebih dari satu abad, perusahaan kami telah menunjukkan bahwa tidaklah mustahil memproduksi dan menggunakan energi dengan cara yang aman dan bertanggung jawab bagi lingkungan.

Untuk mencapai tujuan bersama ini, kami terus memanfaatkan peluang yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi dan membuka solusi terpadu untuk mengelola risiko perubahan iklim. Kami memiliki serangkaian proses, teknologi, dan praktik terbaik untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi emisi di seluruh operasi global kami. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Berinvestasi dalam gas alam

ExxonMobil memproyeksikan bahwa sebelum tahun 2040, permintaan listrik dunia akan meningkat kurang lebih 65 persen karena standar hidup meningkat dan ekonomi berkembang di seluruh dunia. Terlebih lagi, kami melihat gas alam sebagai sumber energi yang berlimpah, andal, dan bersih yang dapat memenuhi kebutuhan pembangkitan listrik yang terus meningkat, dan di saat yang bersamaan menurunkan tingkat emisi gas rumah kaca. Kedua fakta mendasar tentang kebutuhan energi dan gas alam ini turut menentukan investasi ExxonMobil dalam beberapa tahun terakhir ini – menjadikan perusahaan sebagai produsen gas alam terkemuka di Amerika Serikat.

Gas alam dapat mengemisikan CO2 hingga 60 persen lebih sedikit dibandingkan dengan batu bara apabila digunakan untuk listrik. Karena itu, pasokan gas alam berlimpah yang ditemukan akibat revolusi serpih minyak di Amerika Serikat turut menyebabkan penurunan emisi karbon dioksida AS hingga ke tingkat yang belum pernah terlihat sebelumnya sejak tahun 1990-an karena pembangkit listrik beralih dari batu bara ke gas alam.

Mengubah pembangkitan listrik dari batu bara ke gas alam adalah langkah paling cepat dan paling hemat biaya yang dapat dilakukan masyarakat saat ini untuk mengurangi emisi rumah kaca. Dan dengan menyediakan daya cadangan, yang tidak dapat disediakan oleh sumber energi lain, gas alam juga turut mendukung sumber energi alternatif rendah karbon, seperti tenaga angin dan surya. Dengan memimpin pada bidang gas alam, kami menyiapkan jalan menuju masa depan energi yang lebih baik.

Meningkatkan efisiensi energi

ExxonMobil berkomitmen untuk memproduksi dan menyediakan energi dan pasokan yang dibutuhkan dunia, meskipun sifat dari bisnis kami sendiri membutuhkan banyak energi.

Energi yang dikonsumsi dalam operasi kami menghasilkan lebih dari 80 persen emisi gas rumah kaca langsung kami dan merupakan salah satu biaya operasi terbesar kami. Karena itu, efisiensi energi memberikan peluang yang sangat besar untuk memberikan dampak pada lingkungan maupun laba kami. Meningkatkan efisiensi energi dalam operasi kami akan membantu kami menekan biaya, meningkatkan daya saing, dan mengurangi emisi.

Salah satu alat ukur keberhasilan dari upaya kami dalam menggunakan energi secara lebih bijaksana dan bertanggung jawab adalah meskipun terdapat kenaikan jumlah energi yang diperlukan oleh sebagian teknologi dan proses mutakhir dari sebagian bisnis kami, konsumsi energi relatif tetap datar selama lima tahun terakhir berkat fokus kami pada efisiensi energi. Salah satu penyebab utama pencapaian ini adalah Sistem Manajemen Energi Global kami yang komprehensif, yang diterapkan di semua operasi produksi, pengilangan, dan usaha bahan kimia, membantu kami mengidentifikasi dan menindaklanjuti peluang penghematan energi serta menerapkannya di seluruh dunia.

Antara 2002 dan 2012, kami meningkatkan efisiensi energi lebih dari 10 persen dalam operasi pengilangan dan manufaktur bahan kimia secara global.

Memperluas Kogenerasi

Cara lain yang kami gunakan untuk meningkatkan efisiensi energi adalah melalui perluasan penggunaan kogenerasi, yang juga dikenal sebagai gabungan panas dan listrik.

Proses kogenerasi mengikat panas yang dihasilkan dari produksi listrik untuk digunakan dalam kegiatan produksi, pengilangan, dan pemrosesan bahan kimia. Dengan memanfaatkan panas yang akan terbuang jika tidak digunakan, pabrik-pabrik tersebut dapat mencapai efisiensi 60 hingga 80 persen. Dengan menerapkan kogenerasi dalam sejumlah besar fasilitas kami, ExxonMobil dapat membangkitkan listrik secara lebih efisien jika dibandingkan dengan sejumlah besar pabrik lokal.

ExxonMobil memiliki saham di lebih dari 100 unit kogenerasi di lebih dari 30 lokasi dengan kapasitas berjumlah lebih dari 5.500 megawatt, yang setara dengan kebutuhan listrik sekitar 2,5 juta rumah tangga AS. Kami juga memiliki sejumlah proyek kogenerasi aktif tambahan yang sedang dievaluasi dan dikembangkan.

Mengurangi flaring (pembakaran) dan venting (pelepasan)

ExxonMobil terus melakukan penyempurnaan untuk mengurangi intensitas emisi dari kegiatan operasi, termasuk berupaya mengurangi volume flaring (pembakaran) dan venting (pelepasan).

Selama proses ekstraksi energi, terkadang gas berlebih yang muncul ke permukaan perlu "dibakar" atau "dilepaskan". Ini dilakukan sebagai tindakan keselamatan atau sebagai sarana pembuangan apabila tidak ada cara yang ekonomis untuk menangkap dan memanfaatkannya. Venting adalah pelepasan emisi tanpa membakarnya. Walaupun emisi yang dilepaskan dalam proses ini sangat kecil persentasenya dari emisi gas rumah kaca langsung kami, kami menyadari pentingnya upaya untuk menguranginya.

ExxonMobil adalah anggota pendiri Global Gas Flaring Reduction Initiative. Selain itu, kami menetapkan parameter sendiri dalam dokumen berjudul Upstream Flaring and Venting Reduction Environmental Standard for Projects. Dengan mengingat kedua komitmen ini, sasaran kami adalah menghindari flaring dan venting rutin dari proyek baru dan mengurangi flaring dalam operasi yang sudah berjalan.

Melanjutkan kemajuan

Selama beberapa tahun terakhir, emisi gas rumah kaca ExxonMobil relatif stabil akibat peningkatan efisiensi yang berhasil mengimbangi peningkatan kegiatan produksi. Pada 2014 emisi neto gas rumah kaca kami berjumlah total 122 juta ton setara CO2, menurun sekitar 3 juta ton dari kinerja kami pada 2013.

Walaupun mengalami kemajuan dalam pengurangan emisi, kami akan terus menerapkan pemikiran baru dan teknologi baru guna memenuhi tantangan energi yang ramah lingkungan di masa depan. Kami juga akan terus mencari peluang untuk menurunkan emisi gas rumah kaca pada setiap mata rantai energi di seluruh bisnis kami.

Salah satu contoh pendekatan ini adalah teknologi steam cracker baru di kompleks pengilangan dan petrokimia di Singapura. Fasilitas ini dapat memproses berbagai jenis bahan baku yang belum pernah dilakukan sebelumnya, termasuk minyak mentah. Dengan mengubah minyak mentah langsung menjadi bahan kimia, kami dapat menghemat energi dan mengurangi emisi dengan meniadakan langkah pengilangan yang diperlukan untuk memproduksi nafta.

Tutup