Lompat ke konten utama
Cari

Melibatkan pemangku kepentingan dalam pengembangan solusi air berkelanjutan

ExxonMobil berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan untuk menjaga keberadaan sumber air, daerah aliran sungai, dan ekosistem dalam jangka panjang di berbagai wilayah tempat kami beroperasi.  

Sebagai contoh, pada bulan Oktober 2012, Qatar University dan ExxonMobil menjalin kemitraan untuk meneliti teknologi daur ulang air limbah industri. Khususnya, para peneliti mengkaji fitoremediasi, sebuah proses yang menggunakan tumbuhan alami untuk membersihkan air dalam sistem lahan basah buatan. Air limbah yang telah diolah kemudian dapat digunakan kembali dalam aplikasi non-air minum, seperti taman atau irigasi ruang hijau.

Lembaga nirlaba Wildlife Habitat Council bekerja bersama sejumlah perusahaan untuk menciptakan habitat margasatwa di lahan mereka dan mengadakan program edukasi akan pelestarian alam yang melibatkan karyawan dan masyarakat setempat. ExxonMobil menerima sertifikasi Wildlife at Work dari Wildlife Habitat Council untuk beberapa situs operasi, yang mencakup:

  • Lahan basah dan habitat unggas air di Louisiana. Di Pulau Fifi, kami bekerja bersama U.S. National Oceanic and Atmospheric Administration untuk membangun karang tiram yang dapat menstabilkan garis pantai yang terkikis.
  • Kolam pemijahan ikan cutthroat trout di Sungai Colorado, yang dikembangkan lebih dari 10 tahun lalu oleh karyawan di sebuah fasilitas dekat LaBarge, Wyo. Mereka tetap mempertahankannya melalui kerja sama dengan Wyoming Game and Fish Department.

  •  Habitat margasatwa yang terlindungi

     ExxonMobil mencantumkan jumlah lahan habitat margasatwa terlindungi, di antara indikator kinerja lingkungan lainnya, dalam laporan Corporate Citizenship.

Kebijakan, regulasi, dan standar praktik

Kami memantau dan, apabila sesuai, berpartisipasi dalam pengembangan kebijakan, persyaratan regulasi, serta standar industri yang baik.

ExxonMobil aktif terlibat dalam berbagai kelompok global, regional, dan lokal yang berupaya meningkatkan mutu lingkungan. Pengilangan Baton Rouge adalah anggota aktif dalam kelompok kerja gabungan industri-pemerintah tentang nitrat selama lebih dari satu dekade. Pengilangan ini menerima penghargaan dari Gubernur Louisiana dan Lembaga Perlindungan Lingkungan AS atas upayanya untuk mengurangi limbah nitrat.

Keterlibatan komunitas

Kami berupaya memahami dan menanggapi kekhawatiran tentang air dalam kaitannya dengan usaha kami serta ekspektasi dari masyarakat setempat.

Kami mencari solusi inovatif untuk mengatasi masalah air limbah di seluruh operasi kami.

Kekhawatiran tentang air memuncak di musim kemarau dan ExxonMobil bekerja bersama masyarakat untuk mengatasi kekhawatiran ini. Saat kemarau terjadi di Australia, fasilitas operasi kami membentuk tim pelestarian untuk mengidentifikasi peluang penghematan air dan melaksanakan pelatihan pelestarian air bagi karyawan dan kontraktor, dengan meluncurkan proyek yang berhasil menurunkan penggunaan air hampir setengahnya.

Proyek air masyarakat

Di sebagian masyarakat tempat kami beroperasi, air bersih tidak selalu tersedia. Sebagai bagian dari pendekatan untuk memulai operasi baru, kami mempertimbangkan peluang yang membawa manfaat bagi masyarakat setempat dan bisnis kami, termasuk berinvestasi dalam program akses terhadap air bersih untuk masyarakat.

Sebagai contoh, afiliasi ExxonMobil di Indonesia, ExxonMobil Cepu Limited, meluncurkan program air berbasis masyarakat untuk mengurangi terjadinya penyakit yang dapat ditularkan melalui air dan mendorong cara hidup yang lebih sehat di area Blok Cepu di Indonesia. Untuk membantu mengelola program itu, masyarakat membentuk komite yang bertanggung jawab untuk mengelola anggaran, membangun dan memantau fasilitas air, serta menangani distribusi air. Salah satu contohnya adalah Desa Ngasem; di mana dibangun sebuah menara air yang berfungsi sebagai sumber utama air minum yang didistribusikan ke rumah penduduk melalui jaringan pipa terpasang. Sejauh ini, program tersebut telah membawa manfaat bagi lebih dari 30.000 anggota komunitas di 17 desa.

Tutup