Lompat ke konten utama
Cari

Tanggung jawab lingkungan

Dalam siklus produksi gas alam nonkonvensional – dari eksplorasi hingga penghentian produksi – berbagai upaya dilakukan untuk mengurangi gangguan pada masyarakat dan melindungi lingkungan. 

Melindungi masyarakat

Untuk meminimalkan gangguan lalu lintas, truk yang membawa perlengkapan dan cairan rekah hidrolik diwajibkan menggunakan rute yang ditetapkan hanya pada waktu-waktu tertentu. Meskipun tingkat kebisingan kegiatan operasi lokasi cukup rendah, alat peredam suara dipasangkan di sekeliling area untuk mengurangi tingkat kebisingan. Setelah gas alam nonkonvensional mulai diproduksi, tidak akan ada lagi suara yang terdengar dari wilayah operasi.

Melindungi air tanah

Perekahan hidrolik terjadi jauh di bawah lapisan tanah. Air tanah dilindungi oleh bebatuan kedap air setebal ribuan kaki dan sumur buatan yang terdiri atas beberapa lapis penutup baja dan semen untuk mengisolasinya. Lapisan bebatuan kedap air yang berada di antara pasokan air dan bebatuan yang mengandung gas, memastikan bahwa perekahan tidak mencapai dalam nya akuifer air bawah tanah. 

Melindungi area dataran

Sumber gas alam nonkonvensional terkadang ditemukan pada sejumlah zona kecil terpisah-pisah yang berdekatan antara satu sama lain. Pada tahap pengeboran, sebuah lubang vertikal akan dibor satu demi satu sedalam hampir satu kilometer di bawah permukaan. Selanjutnya beberapa sambungan horizontal akan dibuat untuk menjangkau masing-masing reservoir gas.

Pengeboran horizontal memungkinkan satu lokasi pengeboran untuk memiliki sejumlah sumur produksi yang dapat mengakses reservoir sedalam 8.000 kaki dari sumur vertikal. Hal ini dapat mengurangi pengeboran sumur tunggal sehingga berdampak signifikan dalam membatasi dampak terhadap area dataran di atas tanah. 

 
Tutup