Lompat ke konten utama
Cari

Kesiapsiagaan dan tanggap darurat

Kemampuan untuk menanggapi situasi darurat dengan cepat adalah hal yang sangat penting, dan kami melakukan pelatihan serta uji coba yang ekstensif untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi situasi darurat.

Di ExxonMobil, kami percaya bahwa kesiapsiagaan darurat yang efektif memerlukan tim tanggap darurat yang efektif. Untuk itu, kami membentuk kelompok strategis bantuan darurat (Emergency Support Groups/ESG) di seluruh dunia untuk mengembangkan dan mempraktikkan strategi tanggap darurat serta membantu petugas lapangan. Secara rutin kami melatih anggota ESG, yang terdiri dari berbagai macam karyawan ExxonMobil, menghadapi berbagai kemungkinan skenario, termasuk simulasi tumpahan, kebakaran, ledakan, bencana alam, dan insiden keamanan. Pada tahun 2015, 550 karyawan telah berpartisipasi dalam 35 sesi pelatihan ESG.

Foto — Pada 2015, anggota tim penanggap regional di Australia merintis sistem komando insiden dan gambar operasi umum.
  

ExxonMobil menerapkan pendekatan "komando dan kontrol" yang disiplin dan terstruktur untuk kesiapsiagaan darurat yang didasarkan pada komunikasi yang jelas. Sebesar apa pun suatu kejadian, setiap fasilitas dan unit bisnis ExxonMobil memiliki akses ke berbagai tim ahli terlatih, termasuk tim penanggap regional (Regional Response Teams/RRT), yang memberikan dukungan cepat ketika dibutuhkan. Ketiga RRT kami — Amerika Utara; Eropa, Afrika, dan Timur Tengah; serta Asia Pasifik — menangani masalah taktis yang berkaitan dengan tanggapan lapangan. Ketiga RRT ini memiliki sekitar 500 personel ExxonMobil yang terlatih dalam satu sistem pengelolaan yang konsisten, dengan peran dan tanggung jawab bersama. Secara total, ketiga RRT melakukan empat praktik latihan pada tahun 2015, yang diikuti sekitar 400 peserta dari ExxonMobil.

  • Lisa VanderLaan 

    Manajer dukungan keselamatan, keamanan, kesehatan, dan lingkungan
    "Kualitas dari latihan yang dilakukan dan tingkat profesionalisme yang tinggi dari semua pihak yang terlibat menunjukkan komitmen ExxonMobil terhadap usaha kesiapsiagaan dan tanggap darurat. Saya juga sangat bersemangat melihat kemitraan yang begitu kuat dengan lembaga regulator terkait."

     

 

Lebih dekat: Memperluas kemampuan dalam hal kesiapsiagaan dan tanggap darurat

ExxonMobil berkomitmen untuk meningkatkan usaha kesiapsiagaan darurat dengan menyempurnakan program, proses, dan pelatihan tanggap darurat. Pada 2015 pusat kesiapsiagaan dan tanggap darurat mendukung bisnis hulu ExxonMobil dalam menerapkan sistem komando insiden global Incident Command System/ICS). Dengan menerapkan sistem ini secara global, ExxonMobil dapat memanfaatkan proses tanggap darurat secara menyeluruh sehingga personel dari afiliasi yang berbeda dapat saling membantu dengan mudah jika diperlukan. RRT ExxonMobil juga menggunakan ICS agar dapat berintegrasi dengan baik ke dalam tim afiliasi. 

Selain ICS, kami juga meluncurkan gambar operasi bersama (Common Operating Picture/COP). COP adalah platform komputasi berbasis teknologi sistem informasi geografis (Geographic Information System/GIS) yang menyediakan satu sumber data dan informasi untuk meningkatkan kesadaran tentang situasi serta mempercepat pengambilan keputusan untuk kegiatan tanggap darurat atau perencanaan proyek. Data dan informasi GIS dapat berasal dari sumber ExxonMobil dan dari informasi yang tersedia bagi umum untuk mengambil gambar berukuran besar dari berbagai tempat dan situasi. Baik ICS maupun COP berhasil diimplementasikan di Amerika Serikat dengan penekanan di Teluk Meksiko, serta telah dirintis di berbagai negara lainnya dalam latihan tanggap darurat bisnis hulu di Australia, Indonesia, dan Rusia. Kami juga meluncurkan ICS dalam operasi kami di Angola, Kanada, Guinea Khatulistiwa, Malaysia, dan Norwegia.

Tutup