Lompat ke konten utama
Cari

Emisi udara

Kami mencari peluang untuk mengurangi emisi udara yang disebabkan oleh kegiatan kami dan berbagai produk yang kami ciptakan, guna meningkatkan nilai pemegang saham dan memenuhi peraturan yang berlaku.

Berkat upaya ini, hasil emisi gabungan ExxonMobil dari senyawa organik volatil (Volatile Organic Compounds/VOCs), Sulfur Dioksida (SO2), dan Nitrogen Oksida (NOx) menurun lebih dari 45 persen selama 10 tahun terakhir di seluruh kegiatan bisnis kami.

Salah satu contoh cara kami mengurangi emisi dari operasi hulu adalah dengan menggunakan Kapal Balder, salah satu kapal produksi alir-muat terapung permanen milik ExxonMobil, yang berlokasi di lepas pantai Norwegia. Dari tahun 2013 hingga 2015, keempat mesin utama kapal ini diubah ke sistem rendah NOx. Pengubahan ini mengurangi emisi NOx tahunan sekitar 21 persen, setara dengan 290 metrik ton NOx per tahun. Contoh lain adalah Pengilangan Antwerp di Belgia. Pada tahun 2015, pengilangan ini memulai pembangunan sistem Tail Gas Clean Up (TGCU) baru untuk mengurangi emisi SO2 sebanyak lebih dari 2.300 metrik ton per tahun. TGCU diperkirakan akan beroperasi sepenuhnya pada 2017.

Foto — Balder, salah satu kapal produksi apung permanen ExxonMobil, berlokasi di Norwegia.

Foto — Balder, salah satu kapal produksi apung permanen ExxonMobil, berlokasi di Norwegia.

Kepatuhan akan dampak lingkungan

ExxonMobil mematuhi hukum dan regulasi terkait lingkungan di negara-negara tempat kami beroperasi, serta menerapkan standar yang bertanggung jawab di kawasan yang tidak memiliki hukum dan regulasi tersebut. Apabila memungkinkan, kami berupaya untuk melampaui standar regulasi dan menunjukkan kemampuan kami dalam memimpin pengelolaan lingkungan. Salah satu contohnya adalah pengilangan Baton Rouge di Louisiana.

Pengilangan Baton Rouge ExxonMobil adalah pengilangan ketiga terbesar di Amerika Serikat, menempati lahan seluas 850 hektar di sepanjang Sungai Mississippi. Pada 2014 kami meningkatkan sistem air limbah oksidasi biologis (Biological Oxidation/BIOX) di pengilangan ini. Investasi kami meliputi US$10 juta untuk meningkatkan kapasitas denitrifikasi. Sistem BIOX baru ini mulai beroperasi sepenuhnya pada Januari 2015 dan berhasil menurunkan tingkat nitrat sebanyak 50 persen. Sistem ini juga turut mengurangi hasil pelepasan produksi dari pengilangan ke lingkungan sekitar, termasuk emisi udara, pembuangan air, dan transfer limbah ke luar lokasi, sebanyak 30 persen.

Pada 2015, biaya yang kami keluarkan untuk memelihara lingkungan di seluruh wilayah operasi kami berjumlah total sekitar US$5,6 miliar. Jumlah tersebut mencakup sekitar US$1,8 miliar dari anggaran belanja perusahaan dan sekitar US$3,8 miliar dari biaya operasi. Pada 2015, 53 penalti, denda, dan tuntutan telah dibayarkan sebesar US$5,5 juta yang besarnya tidak sampai 0,1 persen dari anggaran pengeluaran lingkungan. 

Tutup