Lompat ke konten utama
Cari

Pengeboran berwawasan lingkungan

Sudah menjadi kebijakan Exxon Mobil Corporation untuk menjalankan bisnis dengan cara yang mendukung keseimbangan antara kebutuhan lingkungan dan ekonomi masyarakat di tempatnya beroperasi.

Kebijakan Lingkungan ExxonMobil

ExxonMobil berkomitmen untuk terus berupaya meningkatkan kinerja lingkungan di seluruh operasinya.

Karena itu, sudah menjadi kebijakan perusahaan untuk:

  • mematuhi semua hukum dan regulasi lingkungan yang berlaku serta menerapkan standar yang bertanggung jawab di wilayah yang tidak memiliki hukum dan regulasi;
  • mendorong sikap peduli dan menghargai lingkungan, menekankan tanggung jawab setiap karyawan dalam kinerja lingkungan, dan membina praktik dan pelatihan yang sesuai
  • bekerja bersama pemerintah dan kelompok industri untuk membantu pengembangan hukum dan regulasi lingkungan yang efektif dan tepat-waktu, berdasarkan ilmu pengetahuan dan dengan mempertimbangkan risiko, biaya, dan manfaat, termasuk dampak terhadap pasokan energi dan produk;
  • mengelola bisnis yang bertujuan untuk mencegah insiden dan mengendalikan emisi serta limbah menuju tingkat di bawah berbahaya; merancang, mengoperasikan, dan menjaga fasilitas untuk tujuan tersebut;
  • menanggapi dengan cepat dan efektif insiden yang ditimbulkan oleh kegiatan operasi, bekerja sama dengan organisasi industri dan lembaga pemerintah yang berwenang;
  • melakukan dan mendukung penelitian untuk meningkatkan pemahaman tentang dampak usaha terhadap lingkungan, meningkatkan metode perlindungan lingkungan, dan untuk meningkatkan kemampuan agar kegiatan operasi dan produk mematuhi regulasi lingkungan;
  • berkomunikasi dengan masyarakat dalam urusan lingkungan dan berbagi pengalaman dengan pihak lain untuk memfasilitasi peningkatan kinerja industri.
  • meninjau dan melakukan evaluasi atas kegiatan operasi untuk mengukur kemajuan dan untuk membina kepatuhan perusahaan pada kebijakan lingkungan.

Pemimpin dalam industri

Pengeboran jangkauan luas

Pengeboran jangkauan luas (Extended Reach Drilling/ERD) telah mengurangi kebutuhan untuk membangun infrastruktur lepas pantai di beberapa bagian dunia. Di Proyek Sakhalin, teknologi ERD memungkinkan pengembangan lapangan minyak dari daratan dengan mengebor hingga 12 kilometer atau 40.000 kaki secara horizontal di bawah Laut Okhotsk. Teknologi pengeboran jangkauan luas ini mengurangi derau bawah air dan membatasi dibangunnya infrastruktur lepas pantai.

Penggunaan Centrifugal Cuttings Dryers secara Global

ExxonMobil menggunakan bahan cairan dasar yang ramah lingkungan untuk serbuk bor (cutting) dari pengeboran non-air yang dibuang di laut. Untuk mengurangi jumlah cairan yang dibuang bersama serbuk bor, beberapa teknologi dapat diterapkan. Teknologi standar yang digunakan di anjungan lepas pantai kami untuk membuang serbuk bor dari pengeboran non-air ke laut adalah pengering serbuk bor sentrifugal (Centrifugal Cuttings Dryers). Di Malaysia, ExxonMobil sudah mengurangi cairan pembuangan serbuk bor 10 tahun sebelum peraturan diberlakukan, dan hal ini menunjukkan kemampuan perusahaan sebagai pemimpin industri di wilayah ini.

Konservasi air dan daur ulang

Sebagai bagian dari perencanaan proyek kami, kami mengevaluasi dampak kegiatan kami terhadap ketersediaan dan permintaan air tawar. Kami menggunakan berbagai pendekatan untuk mengurangi penggunaan air dan menjaga kualitas air melalui daur ulang serta penggunaan air daur ulang, dengan cara menggunakan air bekas pakai, menerapkan sejumlah proses untuk mengurangi kebutuhan air, dan memproses air limbah sebelum dibuang. 

Indonesia

Di Indonesia, ExxonMobil mendaur ulang air dari sisa pengeboran. Selama masa pengembangan Lapangan Banyu Urip, air hujan ditampung di dalam wadah terpisah untuk digunakan kembali.

Solusi teknologi — Pengeboran cepat

Laju pengeboran ExxonMobil meningkat lebih dari 80% sejak menggunakan proses pengeboran yang cepat (Fast Drill Process). Hal ini menghemat pengeluaran energi tahunan yang setara dengan menghilangkan 1.200 kendaraan di jalanan. Semakin berkurangnya konsumsi bahan bakar berarti semakin berkurang pula emisi udara. emisi udara secara proporsional.

Pengurangan bahan limbah

Peningkatan stabilitas lubang bor dan pengelolaan getaran telah menghasilkan lubang yang lebih mulus di sumur bor ExxonMobil. Hasilnya, volume tahunan serbuk bor yang dihasilkan berkurang 10% — sekitar 3.000 truk hasil limbah serbuk bor.

Pembuangan serbuk bor

Di anjungan lepas pantai, setelah diproses, serbuk bor dibuang ke laut untuk selanjutnya disebarkan. Penelitian membuktikan bahwa tidak ada dampak jangka panjang pada lingkungan akibat pembuangan serbuk bor olahan ke lepas pantai. Dengan membuangnya ke lepas pantai, serbuk bor tidak perlu diangkut ke darat sehingga tidak terjadi emisi udara dan tidak ada risiko keselamatan pada karyawan dan pada lahan pertanian. Dalam sejumlah kasus, saat peraturan tidak memperbolehkan pembuangan ke laut, serbuk bor dibawa ke pantai dan dibuang di darat dengan menggunakan proses yang telah disetujui.oses yang telah disetujui.

Berdasarkan geologi dan infrastruktur, serbuk bor dapat diinjeksikan ke formasi sub permukaan dimana mereka terisolasi secara permanen. Cara ini paling cocok untuk program multi-sumur. Teknologi injeksi serbuk bor telah digunakan secara aman dan andal untuk menginjeksikan serbuk bor di lepas pantai Kanada Timur, Laut Utara Norwegia, lepas pantai California, dan Pulau Sakhalin, Rusia.

Penggunaan lahan

Pengurangan "jejak lingkungan" mencakup pengurangan jumlah lahan yang dibutuhkan untuk pengeboran dan penyelesaian kegiatan operasi.utuhkan untuk operasi pengeboran dan penyelesaian.

Dengan memiliki keahlian di bidang pengeboran jangkauan luas, sekarang kami dapat mengebor beberapa sumur dari satu landasan, yang juga diperkecil. Teknik pengeboran horizontal juga turut meningkatkan produktivitas sumur sehingga kebutuhan akan sumur menjadi lebih sedikit.ehingga kebutuhan akan sumur menjadi lebih sedikit.

Desain landasan/konstruksi sumur

Untuk lokasi di darat, landasan dibuat sedemikian rupa sehingga mengurangi potensi dampak terhadap lingkungan. Liner, penyemenan tanah, dan penghalang permukaan lainnya digunakan untuk melindungi tanah dangkal dan air tanah.

Daur ulang limbah

Prioritas kami dalam pengelolaan limbah adalah meminimalkan kegiatan penghasil limbah, kemudian menggunakan lagi atau mendaur ulang limbah jika memungkinkan. Kami terus mencari peluang untuk mengurangi dampak operasi kami terhadap lingkungan dengan mengurangi pembuatan limbah.

Limbah di semua lokasi pengeboran dikelompokkan dalam beberapa kategori besar seperti bahan kimia, organik, anorganik, dan logam untuk dibuang atau didaur ulang dengan cara yang sesuai.

Environmental and Energy Savings Initiative (EESI) adalah bagian dari komitmen berkelanjutan ExxonMobil untuk meningkatkan efisiensi energi dan mengurangi jejak lingkungan secara keseluruhan. Program EESI mendorong perilaku yang mengurangi limbah dan meningkatkan efisiensi energi. Sejak program tersebut dilakukan di fasilitas Greenspint, Amerika Serikat, persediaan gelas-gabus telah berkurang secara signifikan karena karyawan menggunakan gelas yang dapat digunakan kembali; selain itu, daur ulang kertas, plastik, dan aluminium terbukti dapat mengurangi limbah secara signifikan.

Sarung tangan kerja rancangan baru dapat melindungi tangan dengan lebih baik serta dapat dicuci dan digunakan lagi. Pendekatan ini sangat berguna untuk mengurangi jumlah limbah yang dihasilkan. Setelah sarung tangan berteknologi baru mulai digunakan di Malaysia, pembuangan sarung tangan konvensional menurun lebih dari 85%.

Tutup