Lompat ke konten utama
Cari

Pencitraan seismik

Hampir 50 tahun yang lalu, ExxonMobil merintis teknologi yang disebut pencitraan seismik 3D, yang menggunakan gelombang suara untuk membuat citra tiga dimensi dari formasi geologi.

Citra ini telah menjadi standar industri untuk memahami geologi subpermukaan dan menemukan deposit minyak dan gas. Sejak eksperimen awal tersebut, ExxonMobil telah menjadi pemimpin di bidang pengembangan dan penerapan teknologi yang diperlukan untuk mendapatkan, memproses, dan menafsirkan data seismik 3D.

Pengumpulan data seismik

ExxonMobil aktif mengembangkan teknologi dan menerapkan pengalaman global untuk meningkatkan kualitas data seismik yang terkumpul di lapangan dengan dampak minimal terhadap lingkungan. Dengan kemajuan terbaru di bidang ini, frekuensi gelombang suara yang diperoleh pun lebih luas sehingga menyediakan lebih banyak informasi tentang sifat subpermukaan bagi ilmuwan geologi dan insinyur. Selain itu, belum lama ini ExxonMobil memperluas penerapan baru metode multi-sumber seismik simultan di darat ini ke lepas pantai, sehingga mengurangi waktu, biaya, dan dampak lingkungan dari akuisisi data.

memuat video...

Pencitraan tingkat lanjut

Algoritme hak milik kami yang telah dipatenkan, bersama investasi dalam superkomputer, mampu menjalankan tugas berat komputasi untuk menganalisis data seismik sambil menyediakan data ini secara tepat waktu bagi tim ExxonMobil yang mengelola eksplorasi, pengembangan, dan aset produksi sehingga dapat diambil keputusan bisnis yang paling efektif. Dengan perangkat lunak pemodelan velositas 3D hak milik kami, penafsir data dapat membangun model yang terperinci sehingga meningkatkan kemampuan kami untuk secara akurat menampilkan struktur subpermukaan yang rumit. Selain itu, kemajuan terbaru di bidang inversi medan gelombang lengkap membekali kami dengan informasi subpermukaan yang semakin akurat.

Memprediksi karakteristik subpermukaan

ExxonMobil juga menggunakan teknologi seismik dengan cara yang inovatif untuk lebih memahami reservoir hidrokarbon. Salah satu dari sekian banyak contohnya adalah kemampuan kami dalam menggunakan data seismik untuk memprediksi distribusi fraktur alam, yang merupakan jalur penting bagi aliran minyak dan gas di reservoir yang padat. Dengan menganalisis gelombang suara yang membentur struktur batu subpermukaan, kami dapat memprediksi intensitas dan orientasi fraktur. Prediksi ini memudahkan kami mengidentifikasi area yang alirannya baik dan mengoptimalkan penempatan sumur, yang berarti jumlah sumur lebih sedikit serta pengeboran lebih efisien.

Pencitraan seismik 4D

Dalam reservoir yang sedang dalam produksi, kami dapat melacak perubahan yang terjadi di reservoir subpermukaan dengan mengulangi survei 3D dari waktu ke waktu untuk membuat citra seismik selang-waktu atau “4D”. Penafsiran data seismik 4D turut memastikan perolehan minyak dan gas yang optimal dari ladang yang ada.

Hasil dari keahlian pencitraan seismik ExxonMobil adalah diperolehnya data seismik yang paling akurat dengan citra yang semakin jernih. Dengan informasi seismik resolusi tinggi ini, ExxonMobil dapat mengambil keputusan eksplorasi, pengembangan, dan produksi berdasarkan informasi lengkap.

Tutup