Lompat ke konten utama
Cari

Gas alam cair - memberi daya bagi masa depan

Gas alam cair - memberi daya bagi masa depan

Mendorong pertumbuhan ekonomi dengan inovasi

Gas alam makin lama makin penting sebagai sumber energi ramah lingkungan yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di banyak bagian dunia saat ini dan untuk puluhan tahun mendatang.

Gas Alam Cair – LNG – menghasilkan gas alam dengan pembakaran lebih bersih dari area produksi terpencil ke pasar berjarak jauh yang memerlukan tambahan pasokan impor. Fleksibilitas logistik LNG turut meningkatkan keamanan pasokan di seluruh dunia. Dua hal ini hanyalah dua dari sekian banyak pendorong yang menjadikan LNG sebagai salah satu pasar energi yang paling cepat tumbuh di seluruh dunia, dengan permintaan yang diperkirakan akan meningkat lebih dari dua kali lipat menjadi sekitar 480 juta ton per tahun (MTA) selama 20 tahun ke depan.

Industri LNG makin lama makin mendunia dan mulai menghubungkan pasar regional di Asia, Eropa, dan Amerika Utara dengan sejumlah opsi pasokan. Baik pemasok maupun pelanggan sama-sama diuntungkan oleh pengembangan ini, yang menyediakan beragam pilihan penjualan/pasokan, dari kontrak jangka panjang tradisional hingga pengaturan sesaat dan jangka pendek, untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan pemasok yang terus berubah.

ExxonMobil dan afiliasi kami di seluruh dunia telah beroperasi dengan sukses di pasar LNG selama puluhan tahun. Bersama para mitra yang berharga, kami menjadi kekuatan pendorong dalam mengubah pasar LNG menjadi bisnis global yang lebih efisien dan benar-benar global. Pengalaman kami menjangkau seluruh rantai nilai, termasuk ladang gas alam dan fasilitas pencairan, terminal regasifikasi, serta pemasaran LNG dan gas. Dengan menautkan berbagai elemen keahlian ini ke dalam pengembangan LNG yang terintegrasi dan bernilai tambah, kami menyediakan penawaran yang kuat dan andal bagi pemasok dan pembeli.

Buklet ini menguraikan keahlian dan pengalaman ExxonMobil pada setiap mata rantai nilai LNG. Baik kebutuhan Anda terpusat pada satu mata rantai, atau Anda dapat mengambil manfaat dari keseluruhan tawaran rantai nilai ini, ExxonMobil siap menjadi mitra utama Anda.

Dari pasar regional ke pasar yang terunggul di dunia

LNG telah ber-evolusi dari bisnis ceruk titik-ke-titik di beberapa pasar regional menjadi industri besar dan berkembang yang menyediakan pasokan andal di seluruh dunia. Makin pentingnya pasar likuid akan makin meningkatkan fleksibilitas pasokan dan turut memastikan bahwa pasokan akan diberikan ke pasar yang paling membutuhkan LNG.

ExxonMobil adalah perintis dalam industri LNG. Kami terlibat di salah satu fasilitas LNG pertama di dunia. Bermitra dengan Qatar Petroleum, kami mengembangkan dan menerapkan teknologi baru yang menghasilkan fasilitas produksi LNG dan kapal LNG terbesar di dunia, serta terminal regasifikasi LNG yang besar dan berteknologi canggih di Italia, Inggris, dan Amerika Serikat. Teknologi mutakhir, kapabilitas pelaksanaan proyek, dan efisiensi ekonomis telah berhasil menurunkan biaya sehingga memperkuat kemampuan kami untuk menyediakan LNG bagi lebih banyak orang di seluruh dunia.

Dalam beberapa dekade awal industri LNG, permintaan regional dipenuhi oleh pasokan regional. Misalnya di Lingkar Pasifik, ExxonMobil mengembangkan dan mengoperasikan sumber daya di darat dan lepas pantai yang memasok gas ke fasilitas LNG PT Arun di Indonesia. Sejak 1978, Arun telah memasok lebih dari 4.100 kargo LNG bagi pelanggan di Jepang dan Korea.

Kami menyadari bahwa perubahan besar dan dramatis dalam efisiensi ekonomis sangat diperlukan agar LNG bertahan di pasar energi global.

ExxonMobil serta mitra usaha kami Qatar Petroleum memimpin perubahan untuk meningkatkan efisiensi ini. Ini adalah kemitraan yang berfokus pada pengembangan sumber daya jangka panjang dan berdasarkan kesepakatan yang adil, saling percaya, dan saling menghormati. Upaya-bersama kami dalam hal inovasi telah berhasil mewujudkan peningkatan penjualan.

Kepemimpinan dan pengalaman pemasaran LNG

ExxonMobil berpengalaman luas dalam bisnis LNG, setelah lebih dari 35 tahun berkecimpung dalam pengembangan proyek dan pengetahuan pasar LNG. Selama bertahun-tahun kami menjalin kemitraan dengan perusahaan minyak nasional dan perusahaan minyak internasional, serta berperan signifikan di seluruh rantai nilai LNG.

Proyek patungan ExxonMobil di Qatar memfasilitasi pengembangan pasar global untuk gas alam yang pembakarannya lebih bersih. Semua prestasi ini adalah hasil dari fokus dan komitmen kami yang tak tergoyahkan untuk:

  • Kemitraan yang Kuat
  • Kepemimpinan Teknologi
  • Mengutamakan Pelanggan
  • Pengalaman Pemasaran dan Kehadiran Global
  • Kemampuan Menyelesaikan Proyek Tepat Waktu
  • Operasi yang Aman dan Andal
  • Standar Lingkungan Tinggi
  • Kekuatan Finansial
  • Disiplin Investasi

Pengalaman kami dalam transaksi komersial dan pemasaran yang terkait dengan gas alam dan LNG adalah kekuatan utama. Dengan keahlian ini, kami mampu bernegosiasi dan memperoleh pelanggan untuk proyek LNG bernilai miliaran dolar bertahun-tahun sebelum pengiriman kargo pertama – langkah penting untuk memajukan proyek. Kami juga menawarkan kapabilitas untuk memasarkan volume LNG regasifikasi di seluruh dunia, dengan memanfaatkan organisasi pemasaran gas kami yang ekstensif di berbagai negara. Ini dapat mencakup pembelian dan pemasaran volume ekuitas mitra hulu.

Kehadiran global kami memberikan wawasan dini tentang pasar energi yang baru muncul. Kantor regional kami di seluruh dunia dilengkapi staf yang menguasai budaya dan pasar lokal untuk menyediakan layanan pelanggan bagi pelanggan baru maupun lama.

Landasan pendekatan kami

  • Konsistensi – Pendekatan kami terhadap bisnis ini sesuai dengan pandangan jangka panjang kami – dan senantiasa demikian di sepanjang riwayat kami yang mencapai 125 tahun.
  • Integritas – ExxonMobil memiliki komitmen teguh terhadap standar etika yang tinggi serta keunggulan operasi.
  • Disiplin – Kami menerapkan pendekatan terkendali pada semua aspek bisnis kami.
  • Keandalan – Penekanan terus-menerus pada operasi tanpa cacat telah membuahkan hasil istimewa. Fokus pada keunggulan pelaksanaan menghasilkan proyek-proyek kelas dunia yang terdepan dalam segi keamanan dan keandalan operasi. Keandalan menciptakan nilai tambah bagi mitra bisnis dan pelanggan kami.
  • Kecerdikan – Lebih dari 16.000 ilmuwan dan insinyur di ExxonMobil berupaya mencari solusi inovatif untuk menjawab tantangan energi yang rumit. Berkat kecerdikan mereka, ExxonMobil mampu bertahan sebagai pemimpin teknologi dalam industri ini. Berbagai landasan ini merupakan kunci keberhasilan kami dan menempatkan ExxonMobil sebagai mitra pilihan di pasar LNG.

Menghargai mitra yang kuat

Negara tuan rumah berperan teramat penting dalam memfasilitasi kesuksesan pengembangan sumber daya, dengan menyediakan lingkungan politik, ekonomi, dan peraturan yang stabil. Lingkungan seperti itu akan menarik investasi, teknologi, dan keterampilan manajemen internasional yang diperlukan untuk membantu mencapai tujuan strategis dan visi jangka panjang suatu negara, demi keamanan energi dan perkembangan ekonominya secara keseluruhan.

Kemitraan antara ExxonMobil dan Qatar Petroleum memiliki visi gabungan untuk mengembangkan Ladang Utara Qatar dengan kekuatan unik kedua mitra. Hasilnya adalah kemitraan sukses yang belum pernah ada sebelumnya, yang memasok energi dengan pembakaran lebih bersih ke semua pasar gas besar di seluruh dunia.

ExxonMobil senang dapat memainkan peran kunci dalam mewujudkan visi Qatar dan mendukung pertumbuhan ekonominya yang berkelanjutan dan belum pernah terjadi sebelumnya.

Wawasan global untuk gas alam dan LNG

Wawasan jangka panjang untuk pertumbuhan permintaan gas tetap tinggi. Pasokan LNG diperkirakan akan memainkan peran yang makin penting dalam memenuhi permintaan gas global. LNG adalah mata rantai penting antara pemasok gas dan pelanggan gas yang terpisah secara geografis.

Seiring dengan tumbuhnya pasar LNG, fleksibilitas dan likuiditas pasar LNG akan memungkinkan LNG untuk mengalir ke pasar-pasar yang paling membutuhkan gas alam. Akibatnya, pasokan LNG global diperkirakan akan berperan cukup besar dalam menyeimbangkan permintaan dan pasokan gas global.

ExxonMobil melakukan kajian mendalam setiap tahun tentang permintaan global untuk semua energi. Kami juga berfokus pada hal-hal spesifik yang menyangkut gas alam dan LNG.

Secara umum, permintaan gas alam diramalkan akan tumbuh secara tajam di seluruh dunia. Di Amerika Utara, Eropa, dan Asia, LNG akan menjadi komponen pasokan yang makin dibutuhkan untuk memenuhi kenaikan permintaan hingga tahun 2030 dan seterusnya.

Kami meramalkan bahwa pasokan LNG akan tetap meningkat dari berbagai sumber tradisional yang digabungkan dengan sejumlah proyek baru di Asia, Timur Tengah, Afrika, dan Amerika Selatan.

Mengembangkan kepemimpinan teknologi bersama para mitra

Dalam beberapa tahun terakhir, ExxonMobil meningkatkan investasinya dalam riset dan pengembangan teknologi terkait energi hingga sekitar US$1 miliar setiap tahun – yang terbesar di antara semua IOC.

Bagi LNG khususnya, efisiensi ekonomis sangat berpengaruh.

Bersama mitra kami Qatar Petroleum, kami telah membuat perubahan besar ukuran train pencairan yang hampir empat kali ukuran train sebelumnya di pertengahan tahun 1990-an. Train terbaru 7,8 MTA di QGII dan RL3 adalah fasilitas kelas dunia dan merupakan tolok ukur efisiensi yang baru.

Kami juga turut mengembangkan kelas terbaru kapal angkut LNG dengan kapal Q-Flex berkapasitas 210.000 meter kubik pada tahun 2007 dan kapal Q-Max 265.000 meter kubik pada tahun 2008. Kapal yang terbesar mampu mengangkut kargo LNG 80% lebih banyak daripada kapal LNG konvensional.

Teknologi kapal LNG besar, yang dikembangkan bersama mitra patungan Qatar Petroleum, mencakup sejumlah terobosan industri dan peningkatan signifikan, termasuk ukuran kapal yang lebih besar, unit pencairan ulang di kapal, mesin diesel kecepatan rendah, baling-baling dan kemudi ganda, serta tangki LNG di kapal yang terbesar yang pernah dibuat.

Fasilitas pencairan ulang di kapal menciptakan peluang untuk beralih dari ketel uap dan turbin yang digunakan sebagai pendorong kapal LNG konvensional ke mesin diesel kecepatan rendah yang sangat efisien. Kapal Q-Max dilengkapi dengan dua mesin diesel yang menggerakkan baling-baling dan kemudi ganda. Hasilnya, kapal menjadi hemat energi, andal, dan mudah dikemudikan, sedangkan konsumsi bahan bakar berkurang sepertiganya.

Kapal Q-Flex dan Q-Max dikembangkan di bawah kepemimpinan Qatar Petroleum dan ExxonMobil, serta melibatkan secara signifikan sejumlah galangan kapal, arsitek angkatan laut, dan insinyur kelautan, serta penyedia teknologi utama. Hasilnya adalah rancangan kapal angkut LNG yang inovatif dan tangguh, yang beroperasi dengan penghematan biaya transportasi sebesar 20%.

Inovasi di rantai nilai LNG juga mencakup rancangan terminal penerima yang baru dan lebih besar.

ExxonMobil dan mitra patungan kami Qatar Petroleum dan Edison mengembangkan terminal LNG Adriatik – struktur berbasis gravitasi lepas pantai pertama di dunia untuk LNG. Terminal ini terletak kurang lebih 15 kilometer lepas pantai Porto Levante, Italia, di Laut Adriatik.

Struktur ini dibuat dari beton bertulang seberat sekitar 290.000 ton dengan area dek atas lebih besar daripada dua lapangan sepak bola. Kapasitas terminal ini kurang lebih setara dengan 10% konsumsi gas tahunan Italia dan sekitar 10% kapasitas regasifikasi LNG terpasang di Eropa.

Qatar Petroleum dan Total SA adalah mitra patungan ExxonMobil dalam pembuatan terminal lain bernama South Hook, sebuah terminal LNG besar berbasis di darat yang terletak di bekas pengilangan minyak Esso di Milford Haven, Inggris. Milford Haven menawarkan pelabuhan laut-dalam yang aman dan siap diakses oleh tanker LNG besar.

Terminal Golden Pass yang terletak di Texas di Teluk Meksiko AS adalah terminal penerima LNG ketiga bagi ExxonMobil dan Qatar Petroleum, dan ConocoPhillips bergabung dalam usaha patungan ini untuk memasok LNG ke pasar AS.

Teknologi dan keahlian ExxonMobil dapat diterapkan pada rancangan terminal lain seperti usulan terminal apung lepas pantai BlueOcean Energy yang dirancang untuk membawa pasokan gas alam global ke Pantai Timur AS.

Tutup