Memberdayakan pemilik usaha perempuan melalui melek finansial

ExxonMobil bermitra dengan Cherie Blair Foundation for Women untuk memberdayakan pemilik bisnis perempuan melalui melek finansial.

Artikel

Memberdayakan pemilik usaha perempuan melalui melek finansial

Saat ini, pengusaha perempuan di seluruh dunia menghadapi hambatan yang signifikan dalam mengakses layanan keuangan. Penelitian menunjukkan bahwa entitas milik perempuan mewakili lebih dari 30 persen bisnis terdaftar secara global, tetapi hanya 10 persen pengusaha perempuan yang memiliki akses ke modal yang mereka butuhkan. Di Nigeria, hanya sekitar 34 persen perempuan memiliki akses ke rekening bank. Rintangan-rintangan ini mencegah perempuan dari mengembangkan bisnis mereka dan berpartisipasi penuh dalam ekonomi.

Untuk mengatasi kesenjangan ini, ExxonMobil Foundation bermitra dengan Cherie Blair Foundation for Women mengembangkan prakarsa Road to Women's Business Growth. Program inovatif ini bertujuan membangun keterampilan manajemen bisnis dan melek finansial para wirausaha perempuan di Nigeria dan Meksiko, memberdayakan mereka dengan pengetahuan dan alat yang mereka butuhkan untuk menumbuhkan bisnis yang menguntungkan dan berkelanjutan.

Prakarsa ini dimulai pada awal 2016 di Lagos, Abuja dan Uyo. Selama tahun pertama, program Road to Women's Business Growth melatih 500 perempuan pemilik usaha kecil menggunakan kurikulum yang dibuat khusus dengan menggabungkan pengajaran di dalam kelas dan pembelajaran online. Setelah pelatihan melek keuangan dan kesiapan investasi, wirausahawati terus menerima dukungan untuk membantu membangun bisnis mereka. Selain itu, 100 peserta menerima dukungan bisnis yang lebih intensif, termasuk lokakarya, pendampingan, dan persambungan dengan layanan keuangan, investasi, dan pasar. Program Road to Women's Business Growth direplikasi di Meksiko pada tahun 2018.

Road to Women’s Business Growth adalah kolaborasi inovatif antara ExxonMobil dan Cherie Blair Foundation for Women. Bersama-sama, yayasan telah mengembangkan sejumlah layanan dan prakarsa yang dirancang untuk memberikan ribuan wirausahawati keterampilan yang dibutuhkan untuk memulai dan menumbuhkan bisnis, termasuk alat bantu pembelajaran seluler pemenang penghargaan bernama Business Women, yang menjangkau lebih dari 100.000 wanita di Nigeria, Indonesia dan Tanzania.

Konten terkait

Prakarsa peluang ekonomi bagi perempuan oleh ExxonMobil

Penelitian menunjukkan bahwa apabila perempuan memiliki kendali atas penghasilannya, ia akan menginvestasikannya untuk kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan keluarganya. Perempuan juga cenderung mendorong kemajuan sesama perempuan sehingga menciptakan efek berganda yang menguntungkan seluruh masyarakat.

Peluang wanita Artikel