Ajakan bisnis dan penipuan perekrutan

ExxonMobil tidak menggunakan media sosial, email yang tidak diminta, atau korespondensi tertulis untuk meminta biaya di muka untuk melakukan bisnis, juga tidak menggunakan agen perekrutan atau penempatan yang membebani kandidat biaya uang muka dalam bentuk apa pun.

Artikel

In this article

Ajakan bisnis dan penipuan perekrutan

Penipuan Permohonan Bisnis

ExxonMobil tidak menggunakan media sosial dan email yang tidak diminta atau korespondensi tertulis untuk meminta individu atau bisnis membayar uang muka dalam bentuk apa pun untuk melakukan bisnis dengan ExxonMobil.

Telah menjadi perhatian kami bahwa ada orang-orang yang tidak berwenang telah berusaha menggunakan nama dan logo ExxonMobil, serta nama-nama direktur, eksekutif dan karyawan ExxonMobil, dalam email dan di situs web untuk meminta biaya di muka dari individu dan bisnis yang tertarik. Jika Anda dihubungi oleh individu atau bisnis yang meminta biaya di muka, ketahuilah bahwa penawaran atau proposal yang dikomunikasikan melalui media sosial, email atau korespondensi tertulis dan mengaku atas nama ExxonMobil mungkin merupakan penipuan.

Orang yang tidak berwenang juga menggunakan situs web pihak ketiga untuk melakukan penipuan permohonan bisnis. ExxonMobil tidak mengontrol situs web pihak ketiga mana pun, dan tidak membuat jaminan atau pernyataan mengenai, dan tidak bertanggung jawab atas, situs web pihak ketiga mana pun atau konten situs web tersebut. Pencantuman tautan atau alat bantu berbagi ke situs pihak ketiga bukan merupakan dukungan terhadap konten situs tersebut.  Jika Anda menduga bahwa Anda telah menerima penipuan ajakan bisnis, Anda disarankan untuk melaporkan perilaku yang dicurigai ke situs web pihak ketiga.

Penipuan perekrutan

ExxonMobil tidak menggunakan agen perekrutan atau penempatan yang membebankan biaya uang muka kepada kandidat dalam bentuk apa pun (mis., biaya penempatan, biaya pemrosesan imigrasi, dll.). Sayangnya, kami telah mengetahui orang-orang yang tidak berwenang menggunakan nama dan logo ExxonMobil di email dan di situs web dalam upaya untuk meminta biaya di muka dari pencari kerja yang tertarik. Tawaran pekerjaan penipuan biasanya dikirim melalui email dan memberi tahu korban yang ditargetkan bahwa mereka telah dipekerjakan oleh perusahaan atau dapat memperoleh pekerjaan di perusahaan, dan dengan biaya tertentu (jumlahnya bervariasi dari $100 hingga beberapa ribu dolar). Korban sering diminta untuk memberikan informasi pribadi, mengirim biaya melalui transfer bank, cek pribadi atau uang, dan membuat pengaturan perjalanan untuk wawancara prospektif yang fiktif.  Penawaran dan permintaan kepada kandidat untuk membayar biaya dan mengeluarkan biaya calon karyawan tidak dilakukan oleh ExxonMobil dan merupakan penipuan.

Secara berkala, ExxonMobil mempekerjakan agen perekrutan dan/atau penempatan untuk membantu kami mengidentifikasi kandidat potensial untuk posisi tertentu. Jika Anda dihubungi oleh agen perekrutan atau penempatan yang sah, Anda, pencari kerja, seharusnya tidak dikenakan biaya.

Yang Boleh & Yang Tidak Boleh

  • Pahami bahwa komunikasi yang tidak diminta dapat digunakan untuk melakukan serangan "phishing" yang mencoba menipu Anda agar mengungkapkan informasi pribadi, keuangan, atau yang berharga.
  • Permintaan penipuan dapat mencakup petunjuk yang mencurigakan (mis., alamat email bukan non-ExxonMobil, terlalu berlebihan, kesalahan ejaan, tata bahasa yang buruk, dan permintaan uang).
  • Jangan menanggapi tawaran bisnis yang tidak diminta dari orang, alamat email atau media sosial yang tidak Anda kenal atau percayai.
  • Jangan membuka lampiran atau mengklik tautan dalam email mencurigakan dari individu atau situs web yang tidak Anda kenal atau percayai.
  • Jangan mengungkapkan informasi pribadi atau keuangan kepada orang yang tidak Anda kenal atau percayai atau di situs web yang tidak Anda percayai. Jika Anda melakukannya, pertimbangkan untuk melaporkan insiden tersebut ke penegak hukum setempat.

Konten terkait

Hubungi kami

Ada pertanyaan? Bicarakan dengan petugas kami. Temukan informasi kontak untuk produk dan penjualan, layanan pelanggan, media, produksi global, dan lain-lain.

Hubungi kami Artikel