Menyiapkan bahan bakar masa depan: permintaan gas alam cair dengan pembakaran yang lebih bersih diperkirakan meningkat tiga kali lipat pada tahun 2040

ExxonMobil telah beroperasi di pasar gas alam cair selama lebih dari 40 tahun. Dengan mitra global kami, kami terus mendorong penelitian dan pengembangan untuk menyediakan gas alam cair di seluruh dunia.

Artikel

In this article

Menyiapkan bahan bakar masa depan: permintaan gas alam cair dengan pembakaran yang lebih bersih diperkirakan meningkat tiga kali lipat pada tahun 2040

Mengirim gas alam ke seluruh dunia

Gas alam cair (liquefied natural gas - LNG) adalah gas alam yang telah dicairkan untuk memudahkan transportasi. LNG mengambil ruang yang jauh lebih sedikit daripada bentuk gasnya, membuatnya lebih mudah dan lebih efisien untuk dikirim dan memungkinkan ExxonMobil mengirimkan gas alam yang lebih bersih dari area produksi yang terpencil ke pasar yang jauh yang memerlukan pasokan tambahan. Fleksibilitas logistik ini membantu meningkatkan keamanan pasokan di seluruh dunia, dan menjadikan LNG sebagai salah satu pasar energi yang tumbuh paling cepat, dengan permintaan diperkirakan hampir tiga kali lipat menjadi sekitar 660 juta ton per tahun (MTA) pada tahun 2040.

ExxonMobil dan afiliasi kami di seluruh dunia telah beroperasi dengan sukses di pasar LNG selama beberapa dekade. Bersama dengan mitra kami yang berharga, kami telah menjadi kekuatan pendorong dalam mengubah pasar LNG menjadi bisnis yang lebih efisien dan benar-benar global. Pengalaman kami mencakup seluruh rantai nilai, termasuk ladang gas alam dan fasilitas pencairan, kapal LNG berteknologi tinggi, terminal regasifikasi, serta penjualan dan pemasaran. Menghubungkan elemen-elemen keahlian ini ke dalam pengembangan LNG bernilai tambah yang terintegrasi memberikan penawaran yang kuat dan andal bagi pemasok dan pembeli.

Rantai nilai LNG bersifat kompleks dan padat modal

Produksi gas alam

  • Gas alam diproduksi di reservoir gas bawah permukaan atau bawah laut yang dicapai melalui pengeboran
  • Gas alam disalurkan melalui pipa dari reservoir ke instalasi pengolahan di darat di mana kotoran dan cairan dibuang

Pengangkut LNG

  • Kapal Q-Flex dan Q-Max baru dapat mengangkut masing-masing sekitar 45-80 persen, lebih banyak kargo daripada kapal biasa
  • Kapal berlambung ganda ini memiliki desain tangki kargo yang lebih besar, penggerak kapal yang dioptimalkan dan teknologi pemrosesan yang ditingkatkan yang memungkinkan kapal mengirimkan LNG dengan lebih efisien ke tujuan

Train pencairan LNG

  • Gas dikondensasi menjadi cairan pada tekanan atmosfer dengan mendinginkannya hingga -260° F(-162°C)
  • Gas dalam bentuk cair (LNG) membutuhkan ruang sekitar 1/600 lebih kecil daripada dalam bentuk gas
  • LNG kemudian disimpan pada suhu di bawah nol dalam tangki terisolasi sampai dimuat ke pengangkut LNG

Terminal regasifikasi

  • LNG dikeluarkan dari pengangkut dan disimpan pada suhu di bawah nol dalam tangki terisolasi
  • Jika dibutuhkan, LNG disalurkan dalam pipa ke unit regasifikasi untuk dipanaskan ke titik kembali ke keadaan gas untuk diangkut
  • Ada berbagai jenis struktural terminal LNG yang berbeda, termasuk yang di darat, terapung berbasis gravitasi di laut, dan lepas pantai

Perusahaan utilitas pelanggan

  • Gas ditransfer melalui pipa gas alam untuk melayani jaringan pasar industri, komersial dan perumahan
  • Utilitas gas akan memainkan peran yang meningkat karena gas diharapkan melampaui batubara sebagai sumber energi terbesar kedua pada tahun 2040

ExxonMobil: perintis LNG

ExxonMobil memiliki pengalaman yang signifikan dalam bisnis LNG dengan lebih dari 40 tahun pengembangan proyek LNG dan pengetahuan pasar. ExxonMobil terlibat dalam salah satu fasilitas LNG pertama di dunia. Dalam kemitraan dengan Qatar Petroleum, kami telah mengembangkan dan menggunakan teknologi baru, menghasilkan fasilitas produksi LNG dan kapal LNG terbesar di dunia, serta terminal regasifikasi LNG yang besar dan maju secara teknis di Italia, Inggris dan A.S. Teknologi canggih, kemampuan eksekusi proyek dan ekonomi skala telah mengurangi biaya, sehingga memperluas kemampuan kami untuk membawa LNG ke lebih banyak orang di seluruh dunia.

Pada dekade awal industri LNG, permintaan regional dipenuhi dari pasokan regional. Di Pacific Basin misalnya, ExxonMobil mengembangkan dan mengoperasikan sumber daya di darat dan lepas pantai Aceh untuk memasok gas ke fasilitas PT Arun LNG di Indonesia, yang beroperasi dari 1975 hingga 2014. Selama masa hidupnya, PT Arun memasok lebih dari 4.100 kargo LNG untuk pelanggan di Jepang dan Korea.

Kami menyadari bahwa perubahan langkah dramatis dalam skala ekonomi akan sangat penting untuk berkembangnya LNG di pasar energi global.

Hari ini, ExxonMobil dan mitra usaha kami Qatar Petroleum memimpin upaya efisiensi, yang telah membantu LNG berkembang di pasar energi global. Ini adalah kemitraan yang berfokus pada pengembangan sumber daya dalam jangka panjang dan didasarkan pada transaksi yang adil, saling percaya, dan rasa hormat. Upaya kolektif kami dalam inovasi telah membuat visi peningkatan skala menjadi kenyataan.

Prestasi ini adalah hasil dari fokus dan komitmen kami yang belum pernah ada sebelumnya kepada:

  • Kemitraan kuat
  • Kepemimpinan teknologi
  • Fokus pelanggan
  • Pengalaman pemasaran dan kehadiran global
  • Kemampuan untuk memenuhi pelaksanaan proyek
  • Operasi yang aman dan andal
  • Standar lingkungan yang tinggi
  • Kekuatan keuangan
  • Disiplin investasi

Pengalaman kami dalam transaksi pemasaran dan komersial yang terkait dengan gas alam dan LNG merupakan kekuatan utama. Keahlian ini diterjemahkan menjadi kemampuan untuk bernegosiasi dengan dan mengamankan pelanggan untuk proyek-proyek LNG bernilai miliaran dolar beberapa tahun sebelum kargo pertama – sebuah langkah vital untuk memajukan proyek. Kami juga dapat menawarkan kemampuan untuk memasarkan volume LNG yang diubah menjadi gas kembali di seluruh dunia, memanfaatkan organisasi pemasaran gas kami yang luas di dalam negeri. Ini dapat mencakup pembelian dan pemasaran volume ekuitas mitra hulu.

Kehadiran global kami memberikan wawasan awal tentang pasar energi yang baru. Kantor regional kami di seluruh dunia dikelola oleh para ahli yang berpengetahuan luas dalam budaya dan pasar lokal untuk menyediakan layanan pelanggan bagi pelanggan baru dan yang sudah ada.

Dalam beberapa tahun terakhir, ExxonMobil meningkatkan investasinya dalam penelitian dan pengembangan teknologi terkait energi hingga sekitar US $1 miliar per tahun - terbesar dari perusahaan minyak internasional mana pun.
Produksi gas alam cair (LNG) RasGas

Mengembangkan teknologi LNG baru dengan mitra dan negara tuan rumah kami

Negara tuan rumah memainkan peran yang sangat penting dalam memfasilitasi keberhasilan pengembangan sumber daya mereka dengan menyediakan lingkungan politik, ekonomi, dan peraturan yang stabil. Lingkungan seperti itu akan menarik investasi internasional yang diperlukan, keterampilan teknologi dan manajemen untuk membantu memenuhi tujuan strategis negara dan visi jangka panjang untuk pembangunan ekonomi dan keamanan energi nasional secara keseluruhan.

Kemitraan antara ExxonMobil dan Qatar Petroleum telah memanfaatkan kekuatan kedua mitra untuk mewujudkan visi bersama untuk pengembangan Lapangan Utara Qatar. Hasil kemitraan yang berhasil dan belum pernah terjadi sebelumnya yang memasok energi yang lebih bersih ke semua pasar gas utama di seluruh dunia.

Dalam beberapa tahun terakhir, ExxonMobil meningkatkan investasinya dalam penelitian dan pengembangan teknologi terkait energi hingga sekitar US $1 miliar per tahun - terbesar dari perusahaan minyak internasional mana pun.

Untuk LNG khususnya, masalah ekonomi skala.

Dengan Qatar Petroleum, kami menghasilkan perubahan langkah dalam ukuran train pencairan, membuatnya hampir empat kali ukuran train sebelumnya pada pertengahan 1990-an. Train terbaru 7,8 MTA di QGII dan RL3 adalah fasilitas kelas dunia dan tolok ukur baru untuk efisiensi

Pengangkut LNG Q-Max

Kami juga membantu mengembangkan kelas terbaru kapal pengangkut LNG dengan kapal Q-Flex berkapasitas 210.000 meter kubik pada 2007 dan kapal Q-Max berkapasitas 265.000 meter kubik pada 2008. Kapal terbesar ini mampu mengangkut 80 persen lebih banyak kargo LNG daripada kapal LNG konvensional.

Teknologi kapal LNG besar, yang dikembangkan bersama dengan Qatar Petroleum, mencakup sejumlah terobosan industri dan peningkatan signifikan, termasuk peningkatan ukuran kapal, unit pencairan ulang di atas kapal, mesin diesel kecepatan lambat, baling-baling kembar dan kemudi, dan tangki LNG kapal terbesar yang pernah dibangun.

Fasilitas pencairan ulang on-board menciptakan peluang untuk beralih dari ketel uap dan turbin yang digunakan untuk penggerak oleh kapal LNG konvensional ke mesin diesel kecepatan lambat yang sangat efisien. Kapal Q-Max dilengkapi dengan dua mesin diesel yang menggerakkan baling-baling kembar dan kemudi. Hal ini menghasilkan kapal yang lebih hemat energi, andal, dan dapat bermanuver serta mengurangi konsumsi bahan bakar hingga sepertiga.

Kapal Q-Flex dan Q-Max dikembangkan di bawah kepemimpinan Qatar Petroleum dan ExxonMobil ditambah dengan keterlibatan signifikan oleh galangan kapal, arsitek angkatan laut, dan insinyur kelautan dan penyedia teknologi utama. Hasil akhirnya adalah desain pengangkut LNG yang inovatif dan terbukti beroperasi dengan penghematan tipikal sebesar 20 persen dalam biaya transportasi.

Inovasi dalam rantai nilai LNG juga meluas ke desain terminal penerima baru dan lebih besar.

ExxonMobil dalam kemitraan dengan Qatar Petroleum dan Edison mengembangkan terminal LNG Adriatic - struktur berbasis gravitasi lepas pantai pertama di dunia untuk LNG. Terminal ini terletak sekitar 10 mil lepas pantai Porto Levante, Italia di Laut Adriatik.

Strukturnya terbuat dari beton bertulang dengan berat sekitar 290.000 ton dengan area dek atas lebih besar dari dua lapangan sepak bola. Kapasitas terminal kira-kira sama dengan 10 persen dari konsumsi gas tahunan Italia dan sekitar 10 persen dari kapasitas regasifikasi LNG terpasang di Eropa.

Qatar Petroleum dan Total SA adalah mitra usaha patungan dengan ExxonMobil di terminal lain bernama South Hook, terminal LNG berbasis darat yang terletak di lokasi bekas kilang minyak Esso di Milford Haven di Inggris. Milford Haven menawarkan jangkar air dalam yang aman dan mudah diakses oleh tanker LNG besar.

TERMINAL LNG

Golden Pass

Terminal Golden Pass yang berlokasi di Texas di Teluk Meksiko AS adalah fasilitas LNG ketiga untuk ExxonMobil dan Qatar Petroleum. Itu dibangun sebagai salah satu terminal LNG terbesar di dunia dengan kapasitas regasifikasi dua miliar kaki kubik per hari. Dengan AS yang telah beralih dari kekurangan gas alam ke surplus, rencana sedang dilakukan untuk memperluas terminal untuk menambah kemampuan ekspor LNG. 

Proyek yang diusulkan, Golden Pass Products, akan memungkinkan Golden Pass fleksibilitas baik untuk ekspor dan impor gas alam dalam menanggapi kondisi pasar. Golden Pass Products diperkirakan memiliki kapasitas ekspor 15,6 juta ton LNG per tahun. 

Proyek ini telah menerima semua otorisasi federal A.S., dan perusahaan patungan sedang mempersiapkan keputusan investasi final pada proyek tersebut.

Pelajari selengkapnya tentang produk Golden Pass

Prospek global untuk gas alam dan LNG

Prospek jangka panjang untuk pertumbuhan permintaan gas global tetap kuat. Pasokan LNG diharapkan memainkan peran yang semakin penting dalam memenuhi permintaan gas global. LNG adalah penghubung vital antara pemasok gas yang terpisah secara geografis dan pelanggan gas dan akan semakin mendorong kemajuan ekonomi di seluruh dunia.

Ketika pasar LNG global tumbuh, fleksibilitas LNG dan likuiditas pasar akan memungkinkan LNG mengalir ke pasar-pasar di mana gas alam paling dibutuhkan, termasuk yang di mana permintaan gas masih muncul ketika ekonomi lokal berkembang. Akibatnya, pasokan LNG global diharapkan memainkan peran yang cukup besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di masa mendatang.

ExxonMobil melakukan studi lengkap setiap tahun tentang pasokan dan permintaan global untuk semua energi. Kami juga fokus pada spesifikasi gas alam dan LNG.
Pasokan LNG diharapkan memainkan peran yang semakin penting dalam memenuhi permintaan gas global. LNG adalah penghubung vital antara pemasok gas yang terpisah secara geografis dan pelanggan gas dan akan semakin mendorong kemajuan ekonomi di seluruh dunia.

Secara umum, permintaan gas alam diperkirakan tumbuh sekitar 40 persen dari 2016 hingga 2040. LNG akan menjadi sumber gas alam dengan pertumbuhan tercepat, hampir tiga kali lipat selama periode yang sama.

Kami memperkirakan bahwa pasokan LNG akan terus tumbuh dari sumber-sumber tradisional yang dikombinasikan dengan proyek-proyek baru di Asia, Timur Tengah, Afrika, dan Amerika Selatan.

ExxonMobil: mitra pilihan

Ada tiga kekuatan berulang yang menjadikan ExxonMobil mitra pilihan di setiap tautan dalam rantai tersebut — pelaksanaan proyek yang terbukti; perhatian pada keselamatan dan lingkungan; dan kekuatan finansial yang tak tertandingi.

Tenaga kerja global kami yang berpengalaman dan sistem manajemen proyek terstruktur fokus pada pengiriman proyek dari semua ukuran dan kompleksitas dengan aman, tepat waktu, dan sesuai anggaran. Bersama dengan mitra kami, kami mengalokasikan sumber daya yang diperlukan untuk mencapai hasil industri terkemuka yang kami harapkan dan telah disampaikan selama beberapa dekade.

Kinerja kami menunjukkan komitmen teguh kami terhadap standar keselamatan, kesehatan, dan perawatan lingkungan tertinggi. Kami membantu meningkatkan kinerja keselamatan industri di mana pun kami beroperasi dengan menerapkan pendekatan disiplin yang terfokus pada keselamatan dan dengan berbagi praktik dan prosedur terbaik dengan mitra dan kontraktor kami.

Manajemen biaya legendaris ExxonMobil dan pendekatan investasi yang disiplin telah membantu menempatkan kami sebagai pemimpin industri dalam pengembalian yang unggul. Reputasi dan rekam jejak pelaksanaan proyek yang sukses ini memberi ExxonMobil dan mitra kami akses ke modal dengan harga lebih unggul.

Memfasilitasi pengembangan pasar global untuk gas alam yang lebih bersih, ExxonMobil adalah pemimpin industri dalam semua aspek rantai nilai LNG mulai dari pengembangan sumber daya, pencairan, transportasi, terminal penerima dan pemasaran gas.

Sumber

An ExxonMobil Publication, Gas & Power Marketing (2010). LNG - Memicu masa depan.

 

Konten terkait

Portofolio yang luas dari operasi gas alam cair global terus tumbuh

ExxonMobil telah memimpin industri dalam integrasi dan pengembangan teknologi gas alam cair (LNG). Seiring perkembangan usaha kami di Qatar dan Papua Nugini, kami dapat memenuhi permintaan yang meningkat dengan lebih mudah.

Gas alam Artikel

Gas alam

Kelimpahan dan keserbagunaan gas alam menjadikannya sumber energi yang berharga untuk memenuhi berbagai kebutuhan selain membantu dunia beralih ke sumber energi yang menggunakan lebih sedikit karbon.

Energi dan Lingkungan Topik

Outlook for Energy

The Outlook for Energy adalah pandangan jangka panjang kami akan permintaan dan pasokan energi di dunia. Hasilnya turut memandu investasi jangka panjang kami, dan pandangan ini kami bagikan untuk meningkatkan pemahaman mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan energi dunia di masa depan.

Outlook for Energy Laporan