Peran ExxonMobil dalam mengatasi tantangan air

Kami menyadari pentingnya air dan tanggung jawab kami terhadap masyarakat lokal dan lingkungan. Karena itu, kami memfokuskan upaya kami untuk mencegah dampak buruk terhadap sumber daya air dan dengan bijaksana mengelola air yang kami gunakan.

Artikel

Peran ExxonMobil dalam mengatasi tantangan air

Kerangka kerja air

Energi lebih dari sekadar komoditas: Energi adalah pendukung kemajuan. Energi yang terjangkau dan dapat diandalkan meningkatkan standar hidup, menciptakan lapangan kerja, dan berkontribusi pada peluang untuk kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan sosial yang lebih baik. Mempertahankan kemajuan tersebut dengan memenuhi permintaan energi dunia yang terus meningkat merupakan tantangan yang luar biasa.

Sebagai bagian dari pendekatan manajemen risiko yang komprehensif, kami berkomitmen untuk mengelola interaksi kegiatan kami dengan air untuk:

  • Melindungi kesehatan manusia dan lingkungan
  • Mempertimbangkan kebutuhan air setempat saat menangani persyaratan operasional
  • Terus meningkatkan kemampuan dan kinerja
  • Melibatkan pemangku kepentingan dalam pengembangan solusi air berkelanjutan

Karena tantangan air paling efektif ditangani dengan solusi lokal, kami akan menyertakan contoh yang menyoroti prinsip-prinsip global di samping solusi yang sesuai dengan kondisi operasional lokal dan spesifik lokasi.

Melindungi kesehatan manusia dan lingkungan

ExxonMobil melindungi kesehatan manusia dan lingkungan dengan mencegah tumpahan dan kebocoran dan meminimalkan dampak dari pengambilan air, konsumsi, dan pembuangan.

Kami menggunakan sistem manajemen yang konsisten secara a global yang disebut Operations Integrity Management System untuk memastikan prinsip ini. 11 elemen dari sistem manajemen ini menyediakan pendekatan sistematis, terstruktur dan disiplin untuk mengelola risiko lingkungan dan sosial ekonomi, mengukur kemajuan dan melacak akuntabilitas lintas lini bisnis, fasilitas, dan proyek. Perencanaan bisnis lingkungan diintegrasikan ke dalam siklus hidup penuh operasi kami, mulai dari penilaian dampak awal hingga desain dan konstruksi fasilitas, melalui permulaan dan operasi hingga akhir hidup dan pengabaian.

Dirancang untuk mengurangi dampak air

ExxonMobil mengelola potensi dampak buruk dari pembuangan air menggunakan sistem perawatan yang efektif yang dimasukkan ke dalam desain dan operasi fasilitas.

Contohnya, kilang Baton Rouge, Louisiana, baru-baru ini telah menempatkan fasilitas pengolahan air limbah biologis canggih yang mengurangi jumlah nitrogen total hingga 500 ton per tahun. Sementara kilang merupakan kontributor yang relatif kecil untuk pembuangan nitrat secara keseluruhan di lembah Sungai Mississippi, pengurangan sukarela ini akan memiliki manfaat lingkungan langsung di Teluk Meksiko, di mana tingginya tingkat pelepasan nitrat selama beberapa tahun telah menciptakan zona mati, atau area oksigen rendah.

Pencegahan tumpahan

ExxonMobil menggunakan pendekatan manajemen yang ketat untuk mendorong tumpahan dan kebocoran dengan dampak signifikan hingga nol. Inisiatif meliputi:

 

  • Pengembangan panduan praktik terbaik yang dikreditkan dengan mengurangi tumpahan lebih dari 40% dalam 4 tahun
  • Armada laut yang telah diakui secara internasional sebagai pemimpin dalam pencegahan tumpahan kapal laut
  • Program manajemen integritas komprehensif yang mengawasi pengangkutan jutaan barel produk minyak bumi dan kimia
  • Latihan darurat mulai dari latihan "desktop" hingga latihan lapangan skala penuh
  • Pengembangan sistem penahanan tumpahan minyak lepas pantai respon cepat senilai $1 miliar untuk Teluk Meksiko
  • Berkolaborasi dengan kelompok-kelompok industri untuk berbagi keahlian perlindungan lingkungan dan menggabungkan pelajaran-pelajaran ini ke dalam praktik terbaik di seluruh industri

Di kilang ExxonMobil, kami baru-baru ini meningkatkan pendekatan faktor manusia yang ada untuk memperkuat pola pikir nol-tumpahan di antara karyawan. Spesialis mengembangkan panduan praktik terbaik yang menguraikan 17 elemen berisiko tinggi dan prosedur terkait yang dirancang untuk mengurangi kemungkinan tumpahan yang disebabkan oleh kesalahan manusia. Panduan ini dikreditkan dengan mengurangi tumpahan tersebut lebih dari 40 persen dalam empat tahun pertama.

Transportasi laut minyak mentah dan produk-produk olahan adalah area lain di mana pola pikir peningkatan terus menerus telah mencapai hasil. Armada laut ExxonMobil, mewakili beberapa ratus kapal yang dimiliki atau disewakan dalam layanan harian, telah diakui secara internasional sebagai pemimpin dalam pencegahan tumpahan kapal laut.

ExxonMobil menggunakan program manajemen integritas yang komprehensif untuk mengawasi pengangkutan jutaan barel produk minyak bumi dan kimia melalui ribuan mil pipa di seluruh dunia. Sebagai contoh, afiliasi pipa kami di AS secara teratur menguji jalur pipa untuk mendeteksi korosi dan masalah integritas lainnya dan menggunakan tenaga terampil dalam patroli darat dan udara, sistem canggih, alarm dan teknik lainnya untuk terus mengontrol dan memantau rute pipa.

Selain pencegahan, kami fokus pada menjaga kondisi kesiapan untuk merespon insiden yang diakibatkan operasi kami dengan cepat dan efektif. Untuk memastikan bahwa respons terhadap suatu insiden akan terkoordinasi dan efektif, setiap lokasi melakukan latihan darurat sesuai dengan persyaratan regulasi atau pedoman manajemen, mulai dari latihan "desktop" hingga latihan lapangan skala penuh. Setiap tahun, kami melakukan latihan multiday yang komprehensif di lokasi di seluruh dunia, yang melibatkan tim tanggap darurat dan ratusan karyawan, kontraktor, dan spesialis. Peserta menjalankan skenario realistis dan berinteraksi dengan otoritas dan lembaga lokal.

Kesiapsiagaan respons seringkali membutuhkan kolaborasi di seluruh industri kami. Contohnya, ExxonMobil telah bermitra dengan beberapa perusahaan untuk membentuk organisasi nirlaba Marine Well Containment Co. untuk mengembangkan sistem penahanan tumpahan minyak lepas pantai respon cepat untuk Teluk Meksiko. Sistem ini, mewakili komitmen gabungan lebih dari $1 miliar, menyediakan teknologi dan peralatan kontainmen yang telah direkayasa, dibangun, dan diuji yang dapat digunakan dalam waktu 24 jam setelah tumpahan di Teluk.

Contoh lain dari kolaborasi dengan kelompok industri untuk berbagi keahlian perlindungan lingkungan adalah proyek bersama OGP-IPIECA pada tumpahan minyak dan kimia, yang mana ExxonMobil adalah anggota pendiri. Bekerja sama dengan American Petroleum Institute dan lainnya, proyek bertahun-tahun ini sedang mengembangkan beragam pedoman dan praktik yang direkomendasikan, studi ilmiah, protokol persetujuan, dan dokumen pendukung lainnya yang membahas 19 bidang untuk meningkatkan kemampuan respons tumpahan minyak sebagai sebuah industri. Koalisi Serpih Marcellus adalah contoh lain di mana ExxonMobil menyumbangkan pengalaman pengeboran khusus global dan wilayahnya pada upaya industri gabungan untuk mengembangkan pedoman praktik terbaik tentang konstruksi sumur, reklamasi lokasi, kualitas udara, dan pengelolaan air.

ExxonMobil juga merupakan mitra dalam Subsea Well Response Project, sebuah prakarsa untuk merancang dan membangun peralatan aplikasi capping dan dispersan bawah laut untuk penggunaan internasional, tidak termasuk AS dan Arktik, dan untuk mendasarkan peralatan di lokasi penyimpanan di Eropa utara, Amerika Selatan, Afrika dan Asia-Pasifik. Proyek ini adalah salah satu hasil dari upaya industri bersama untuk menggabungkan pelajaran dari insiden baru-baru ini dan untuk meningkatkan kemampuan dan praktik respons di masa depan.

Kurangi tumpahan melalui praktik terbaik

XTO, anak perusahaan ExxonMobil sejak 2010, mengurangi total volumenya* yang ditumpahkan sebesar 58 persen pada tahun pertama penerapan OIMS dan menggabungkan praktik terbaik ExxonMobil dalam pengelolaan lingkungan.

*agregat tumpahan hidrokarbon, bahan kimia, dan cairan bor lebih dari satu barel

Pelajari selengkapnya

Kinerja tumpahan kami

ExxonMobil mengungkapkan kinerja tumpahannya setiap tahun, di dalam Laporan Keberlanjutan. Pelajari selengkapnya

Pertimbangkan kebutuhan air setempat

ExxonMobil mempertimbangkan kebutuhan dan alternatif setempat ketika mencari air untuk operasi kami, termasuk mengidentifikasi terlebih dahulu dan kemudian mengelola risiko yang terkait dengan ketersediaan dan kualitas air.

ExxonMobil telah aktif dalam prakarsa industri kolaboratif untuk mengembangkan seperangkat alat bantu standar untuk pengelolaan sumber daya air yang sistematis. Alat Bantu Air Global IPIECA untuk Minyak dan Gas adalah versi dari Dewan Bisnis Dunia untuk Pembangunan Berkelanjutan (WBCSD) Alat Bantu Air Global yang disesuaikan untuk perusahaan minyak dan gas. Alat bantu ini membantu perusahaan memetakan penggunaan air dan menilai risiko di setiap bagian dari rantai nilai di tingkat regional. ExxonMobil melakukan latihan penyaringan ini setiap tahun setelah WBCSD memperbarui alat air global dengan data baru. Kami melaporkan jumlah fasilitas yang berlokasi di daerah dengan tingkat tekanan air atau kelangkaan dalam Laporan Corporate Citizenship tahunan kami.

Kami mengembangkan dan menerapkan program pengelolaan air setempat di lokasi di mana kami mengidentifikasi potensi risiko terkait air. Dalam beberapa kasus, ini memerlukan peninjauan tingkat konsumsi air tawar untuk mengidentifikasi peluang peningkatan. Alat yang lebih fokus kadang-kadang digunakan untuk mengidentifikasi dan memberi peringkat risiko yang terkait dengan ketersediaan dan keandalan sumber air lokal dan lokasi pembuangan air limbah. ExxonMobil bekerja dengan IPIECA dan Global Environmental Management Initiative (GEMI) untuk mengembangkan alat semacam itu untuk industri minyak dan gas untuk melengkapi Alat Air Global IPIECA.
Konsumsi air tawar kita
ExxonMobil mengungkapkan pengeluarannya untuk perlindungan lingkungan, di antara indikator kinerja lainnya, di dalam Laporan Keberlanjutan. Pelajari selengkapnya

Ganti, kurangi, gunakan kembali, dan daur ulang

Operasi kami menggunakan sumber air alternatif di mana sesuai dan mencari peluang untuk mengurangi, menggunakan kembali dan mendaur ulang air, dengan mempertimbangkan potensi pertukaran seperti limbah, energi dan biaya.

Kami mempertimbangkan banyak faktor dalam menentukan pendekatan yang tepat untuk proses atau lokasi tertentu, termasuk ketersediaan air, kualitas, dan dampak lingkungan setempat. Kami menilai biaya aktual, serta potensi pertukaran, seperti berbagai efisiensi operasional, peningkatan penggunaan energi atau aliran limbah yang lebih terkonsentrasi. Bersama-sama, faktor-faktor ini merupakan nilai tersirat dari air, yang akan bervariasi menurut lokasi karena kebutuhan lokal.

Konsumsi air tawar rata-rata global di kilang ExxonMobil berada pada titik terendah dari kisaran perkiraan industri yang dipublikasikan. Kami merancang operasi pasir minyak Kearl untuk berjalan di atas air yang tersimpan selama bulan-bulan musim dingin dengan aliran rendah untuk mengurangi penarikan dari Sungai Athabasca selama periode ini. Dalam operasi minyak berat kami di Cold Lake, Kanada, kami menerapkan berbagai langkah pengurangan penggunaan air, dan sekitar 90 persen air yang digunakan di lokasi adalah air yang tidak dapat diminum yang muncul ke permukaan bersama dengan aspal selama produksi.

Mendaur ulang air yang diproduksi untuk rekah hidrolik adalah teknik yang semakin sering kami gunakan dalam operasi kami, termasuk gas Fayetteville dan Marcellus Shale yang diputar di AS. Saat menggunakan air segar, kami meletakkan pipa di tempat yang memungkinkan, mengurangi kebutuhan akan lubang penyimpanan dan transportasi truk. Setelah operasi pematahan selesai, kami dengan tepat memperlakukan atau membuang sisa produk samping sesuai dengan peraturan lokal, negara bagian dan federal yang berlaku.
Konsumsi air tawar rata-rata global di kilang ExxonMobil berada pada titik terendah dari kisaran perkiraan industri yang dipublikasikan.

Mengintegrasikan pertimbangan ekosistem dan sosial

ExxonMobil mengintegrasikan ekosistem terkait air dan pertimbangan sosial saat ini dan masa depan dengan upaya perencanaan lingkungan dan bisnis yang lebih luas.

Melindungi keanekaragaman hayati dan ekosistem yang ada adalah area fokus manajemen risiko utama untuk ExxonMobil. Sebagai contoh, pada proyek pasir minyak Kearl, Imperial Oil telah membangun danau buatan pertama dari tiga untuk menggantikan area yang digunakan oleh pengembangan pasir minyak. Danau-danau ini, yang pada akhirnya akan terhubung ke Danau Kearl yang ada, akan cukup dalam untuk memungkinkan ikan bertahan di musim dingin, sesuatu yang tidak selalu memungkinkan di Danau Kearl itu sendiri. Masyarakat Adat Pertama di wilayah tersebut memberi nasihat tentang pembangunan danau, dan mereka juga memberikan panduan tentang spesies ikan mana yang akan ditebar di danau.

Terus meningkatkan kemampuan dan kinerja

ExxonMobil menggunakan riset dan analisis operasional untuk mendukung peningkatan berkelanjutan dari teknologi, praktik, dan kinerja terkait air di industri kami.

Penelitian

Kami telah menginvestasikan sekitar $8 miliar dalam penelitian dan pengembangan selama 10 tahun terakhir, dan hampir $2 miliar pada teknologi yang terkait dengan keselamatan dan lingkungan. Kami melakukan penelitian dan pengembangan mutakhir melalui upaya in-house dan kemitraan dengan industri lain, dan dengan mendanai proyek-proyek penelitian akademik dan non-pemerintah lainnya. Berikut ini beberapa contoh terkait dengan air:

  • Penilaian siklus hidup membandingkan produk atau teknologi dengan alternatif untuk mengidentifikasi manfaat dan pertukaran lingkungan antara beberapa kategori, termasuk air. ExxonMobil bekerja untuk memperluas ilmu di balik penilaian siklus hidup dengan bekerja sama dengan akademisi dan universitas terkemuka. Peneliti ExxonMobil telah mempublikasikan temuan mereka dalam jurnal peer-review tentang topik-topik seperti opsi teknologi biofuel ganggang dan produksi gas pengembangan, termasuk dampaknya terhadap air.
  • ExxonMobil terlibat dalam proyek penelitian kolaboratif termasuk inisiatif industri bersama utama mengenai dampak lingkungan dari suara bawah air dan pencegahan serta respons tumpahan minyak Arktik.
  • Imperial Oil, bersama dengan 11 operator utama lainnya, menciptakan Canadian Oil Sands Innovation Alliance (COSIA) di 2012. Saat ini, 13 perusahaan, termasuk Imperial, berpartisipasi dalam COSIA. Itu diciptakan untuk mengembangkan dan berbagi teknologi yang meningkatkan kinerja lingkungan di sektor pasir minyak Kanada. Air adalah salah satu area prioritas untuk COSIA.
Manajemen lingkungan
ExxonMobil mengungkapkan pengeluarannya untuk perlindungan lingkungan, di antara indikator kinerja lainnya, di dalam Laporan Keberlanjutan. Pelajari selengkapnya

Melibatkan pemangku kepentingan dalam pengembangan solusi air berkelanjutan

ExxonMobil bekerja sama dengan para pemangku kepentingan untuk mempromosikan kelangsungan jangka panjang dari sumber air, daerah aliran sungai, dan ekosistem terkait di wilayah tempat kami beroperasi.

Contohnya, pada bulan Oktober 2012, Universitas Qatar dan ExxonMobil mengadakan kemitraan untuk meneliti teknologi penggunaan kembali air limbah industri. Secara khusus, para peneliti sedang mempelajari fitoremediasi, suatu proses yang menggunakan tanaman asli terpilih untuk air bersih dalam sistem lahan basah yang direkayasa. Air limbah yang diolah kemudian dapat digunakan kembali dalam aplikasi yang tidak dapat diminum, seperti irigasi taman atau ruang hijau.

Dewan Habitat Margasatwa nirlaba bekerja dengan perusahaan untuk menciptakan habitat satwa liar di properti mereka dan melakukan program pendidikan konservasi yang melibatkan karyawan dan masyarakat setempat. ExxonMobil telah menerima sertifikasi Council's Wildlife at Work untuk beberapa situs. Ini termasuk:

  • Lahan basah dan habitat unggas air bermigrasi di Louisiana. Di Pulau Fifi, kami bekerja dengan Administrasi Kelautan dan Atmosfer AS untuk membangun terumbu tiram yang membantu menstabilkan garis pantai yang terkikis.
  • Sebuah kolam pemijahan untuk ikan trout tenggorokan Colorado River, dikembangkan lebih dari satu dekade lalu oleh karyawan di fasilitas dekat LaBarge, Wyoming. Mereka terus mempertahankannya bekerja sama dengan Wyoming Game and Fish Department.
Habitat satwa liar yang dilindungi
ExxonMobil mengungkapkan jumlah hektar habitat satwa liar yang dilindungi, di antara indikator kinerja lingkungan lainnya, di Laporan Keberlanjutan. Pelajari selengkapnya

ExxonMobil secara aktif terlibat dalam berbagai kelompok global, regional, dan lokal yang berupaya meningkatkan lingkungan. Kilang Baton Rouge kami telah menjadi anggota aktif kelompok kerja gabungan industri-pemerintah tentang nitrat selama lebih dari satu dekade. Kilang ini telah menerima penghargaan dari gubernur Louisiana dan Badan Perlindungan Lingkungan A.S. sebagai pengakuan atas upaya sukarela untuk mengurangi pelepasan nitrat.

Pelibatan komunitas

Kami berusaha untuk memahami dan menanggapi masalah air yang terkait dengan bisnis dan harapan masyarakat setempat.
Meskipun teknik rekahan hidraulik bukan hal baru bagi industri minyak dan gas, ekspansi cepat pengembangan minyak dan gas serpih ke dalam komunitas baru berarti bahwa industri tersebut harus menjawab pertanyaan penting tentang dampak lingkungannya. Untuk membangun kepercayaan masyarakat, ExxonMobil mendukung pengungkapan sukarela bahan-bahan yang digunakan dalam cairan rekahan hidrolik, dan pengungkapan kami muncul di situs web yang dapat diakses publik. http://fracfocus.org/ (AS), http://www.fracfocus.ca/ (British Columbia dan Alberta), dan http://www.ngsfacts.org/ (Eropa).

Kami mencari solusi inovatif untuk addressing wastewater issues di seluruh operasi kami.

Kekhawatiran akan air memuncak selama masa kekeringan dan ExxonMobil bekerja dengan masyarakat untuk mengatasi masalah tersebut. Ketika snowpack gagal mengisi Green Mountain Reservoir pada tahun 2002, ExxonMobil menyumbangkan 5.500 acre-feet air dari alokasi untuk membantu keluarga dan bisnis di Colorado barat. 2 Selama kekeringan baru-baru ini di Australia, fasilitas utama kami membentuk tim konservasi air untuk mengidentifikasi peluang untuk menghemat air dan menerapkan pelatihan konservasi air untuk karyawan dan kontraktor, meluncurkan proyek-proyek yang sangat mengurangi pengambilan air fasilitas.

Proyek air masyarakat

Pada beberapa komunitas tempat kami beroperasi, air bersih tidak tersedia secara konsisten. Sebagai bagian dari pendekatan kami untuk memulai operasi baru, kami mempertimbangkan peluang yang membawa manfaat bagi masyarakat lokal dan bisnis kami, termasuk berpotensi berinvestasi dalam proyek air masyarakat.

Contohnya, afiliasi ExxonMobil di Indonesia, Mobil Cepu Limited (MCL), meluncurkan program air berbasis masyarakat untuk mengurangi insiden penyakit yang ditularkan melalui air dan meningkatkan kehidupan yang lebih sehat di wilayah Blok Cepu di Indonesia. Selama musim kemarau, banyak penduduk di daerah ini tidak memiliki akses yang dapat diandalkan ke air bersih. Untuk membantu mengelola program, masyarakat membentuk komite yang bertanggung jawab untuk mengelola anggaran, membangun dan memantau fasilitas air, dan menangani distribusi air. Salah satu contohnya adalah di Desa Ngasem, di mana menara air baru berfungsi sebagai sumber utama air minum yang didistribusikan ke rumah tangga masyarakat melalui jaringan pipa yang terpasang. Sejauh ini, program ini telah memberi manfaat kepada lebih dari 25.000 anggota masyarakat di 17 desa.

Sumber

  1. Ellis, M., Dillich, S., and Margolis, N., “Industrial Water Use and Its Energy Implications,” December 2003.
  2. Denver Post, “Exxon’s Water-Rights Gift Quenches Thirsty W.Slope,” July 12, 2002

Konten terkait

Memahami hubungan antara energi dan air

Secara global, pertanian adalah pengguna air tawar terbesar, terhitung 70 persen dari semua pengambilan. Meskipun industri minyak dan gas menggunakan air yang jauh lebih sedikit (penggunaan industri mewakili kurang dari 5 persen dari total penarikan), namun memainkan peran penting untuk melindungi kualitas air di area operasi.

Air Artikel

Solusi air berkelanjutan

Seperti semua produsen energi, ExxonMobil menggunakan air dalam operasinya dan didedikasikan untuk kebijakan dan praktik yang aman dan bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Air Topik